2 Hari Gelar Razia, Petugas Gabungan di Tuban Amankan Puluhan Bungkus Rokok Ilegal - Tugujatim.id

2 Hari Gelar Razia, Petugas Gabungan di Tuban Amankan Puluhan Bungkus Rokok Ilegal

  • Bagikan
Rokok ilegal. (Foto: Dok Satpol PP Tuban/Tugu Jatim)
Petugas gabungan dari Bea Cukai Bojonegoro, Satpol PP, TNI, dan Polri menggelar operasi di sejumlah tempat pasar dan pertokoan di Jatirogo. (Foto: Dok Satpol PP Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Sejumlah petugas gabungan menggelar operasi bersama pemberantasan barang kena cukai ilegal di wilayah Kabupaten Tuban. Selama dua hari, razia yang digawangi Bea Cukai Bojonegoro, satpol PP, TNI, dan Polri mendatangi dua kecamatan yang diduga menjadi tempat peredaran rokok ilegal, yakni di Kenduruan dan Jatirogo.

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Gunadi saat dikonfirmasi mengatakan, selama dua hari (31 Juli-1 Agustus 2022), hasilnya 30 bungkus rokok ilegal atau tak bercukai didapati di Pasar Kenduruan, Tuban. Sedangkan untuk Jatirogo belum mendapatkan hasil.

“Alhamdulillah, kemarin kami berhasil mengamankan rokok ilegal dan langsung diberikan pembinaan,” kata Gunadi kepada Tugu Jatim, Senin (01/08/2022).

Rokok ilegal. (Foto: Dok Satpol PP Tuban/Tugu Jatim)
Petugas bea cukai Bojonegoro, satpol PP, TNI, dan Polri mengecek di Kantor ekspedisi di Wilayah Jatirogo. (Foto: Dok Satpol PP Tuban)

Gunadi menambahkan, tujuan operasi ini untuk pemberantasan barang kena cukai ilegal sekaligus untuk meningkatkan penerimaan negara dari cukai hasil tembakau.

“Tadi yang datangi beberapa pertokoan penjual, kios, dan agen rokok, serta ekspedisi JNT cabang Jatirogo. Kami menemukan barang yang dimaksud,” terangnya.

Mantan Kadishub Tuban ini menerangkan, yang dimaksud rokok ilegal yakni produk yang dijualbelikan, tapi tak bercukai. Berbeda yang dengan dikonsumsi sendiri.

“Ada pula kadang rokok tersebut menggunakan pita cukai. Namun setelah dicek ternyata itu palsu. Hanya untuk mengelabui saja,” terangnya.

Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara rutin, baik secara terbuka maupun tertutup, di wilayah Bumi Wali. Termasuk juga memberikan edukasi, sosialisasi, dan pembinaan kepada masyarakat.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan