News  

2 Hari Pasang Perangkap, Akhirnya Buaya Muara di Sungai Wates Kediri Tertangkap

Buaya muara. (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Proses evakuasi buaya muara dilakukan petugas BKSDA dan damkar Kabupaten Kediri dibantu warga sekitar pada Rabu (23/03/2022). (Foto: Istimewa)

KEDIRI, Tugujatim.id – Akhirnya tetor munculnya buaya muara yang dirasakan warga di Sungai Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, selesai sudah. Setelah 2 hari memasang perangkap, buaya muara itu tertangkap pada Rabu (23/03/2022), sekitar pukul 23.00, oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri dan petugas damkar.

Kepala Resort Konservasi Wilayah 1 Kediri Dafid Fathur Rohman mengatakan, buaya muara yang selama ini sering dilihat warga itu ditangkap dalam keadaan sehat dengan ukuran sekitar 2 meter. Dia melanjutkan, hewan buas itu akan segera ditangani agar tidak mengalami stres. Sebab, tingkat stresnya akan berpengaruh pada kondisi psikisnya sehingga jika makannya tidak teratur maka dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan.

“Diduga ada satu buaya muara kecil, indikasinya ada dua ekor. Segala kemungkinan bisa terjadi karena kami bersama masyarakat akan terus menelusuri dan mencari keberadaannya,” ungkapnya pada Kamis (24/03/2022).

Baca Juga:

Setelah buaya muara berhasil ditangkap, Dafid menambahkan, hewan ini dievakuasi petugas ke kantor BKSDA Kediri untuk dirawat. Apabila memungkinkan, buaya ini akan segera dilepas kepada habitatnya atau tempat yang layak dan tak berada pemukiman masyarakat lagi.

“Nanti buaya ini akan berada di kandang transit di kantor kami. Tapi, satu saat akan kami bawa di kandang transit yang lebih besar di kantor pusat,” ujarnya.

Dafid juga memberikan apresiasi yang tinggi untuk semua pihak yang ikut membantu.

Buaya muara. (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Petugas BKSDA, Damkar Kabupaten Kediri, dan warga membantu menangkap buaya muara pada Rabu (23/03/2022). (Foto: Istimewa)

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua tim, relawan, dan masyarakat maupun yang lainnya karena berhasil menangkap buaya ini,” ujar Dafid.

Diberitakan sebelumnya, warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, menduga ada buaya muara di sungai pada Selasa (22/03/2022). Karena itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri memasang jebakan untuk menangkapnya.

Perangkat Desa Janti Sudarno mengatakan, dugaan adanya buaya muara itu sering dilihat warga yang sedang memancing. Selain itu, hewan buas tersebut berada di sungai yang dekat dengan pemukiman warga.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim