3 Tim Lolos 16 Besar Euro 2020, Italia Paling Konsisten

  • Bagikan
Di Lorenzo (biru) saat berduel dengan Chessa (putih) saat pertandingan Italia vs Swiss. (Foto: IG Azzurri/Tugu Jatim)
Di Lorenzo (biru) saat berduel dengan Chessa (putih) saat pertandingan Italia vs Swiss. (Foto: IG Azzurri)

MALANG, Tugujatim.id – Tiga tim memastikan lolos dari fase grup Euro 2020, ketiganya ada Italia, Belgia, dan Belanda. Dari 3 tim tersebut, yang paling menarik ada anak-anak Gli Azzurri yang memastikan lolos dengan catatan meyakinkan di Grup A.

Setelah bertahun-tahun tampil angin-anginan di kompetisi antar negara, Italia akhirnya mulai bangkit sebagai penantang serius, terutama pada Euro 2020 ini. Bagaimana tidak, skuad asuhan Roberto Mancini ini tampil trengginas dengan membantai dua tim di Grup A, Turki dan Swiss, dengan skor 3 gol tanpa balas.

Pada laga perdana Grup A Euro 2020 pada Sabtu (12/06/2021), Italia membantai Turki dengan 3 gol tanpa balas yang dicetak oleh gol bunuh diri Merih Demiral di menit 53′, kemudian Ciro Imobile di menit 66′, dan Lorenzo Insigne di menit 79′. Italia tampil mendominasi dengan penguasaan bola 64 persen, akurasi umpan 87 persen, 24 shooting, dan 8 kali tendangan ke gawang.

Sementara Turki hanya memiliki 34 persen penguasaan bola, 78 persen akurasi umpan, 3 tendangan, dan 0 tendangan ke gawang.

Di pertandingan kedua melawan Swiss pada Kamis (18/06/2021), skuad Italia tampil efektif dalam pertandingan tersebut. Ini tampak karena berbeda saat melawan Turki, pertandingan berjalan cukup seimbang, bahkan penguasaan bola lebih banyak dipegang oleh Swiss dengan 51 persen penguasaan bola dibanding 41 persen oleh Italia. Namun, Italia menguasai tendangan ke gawang dengan 3 shooting berbanding satu, dan dengan 13 tendangan dikuasai Ciro Imobile dkk dengan Swiss hanya 6 shooting.

Hasilnya, 3 gol bersarang di gawang Swiss yang dikawal Yann Sommer yang dicetak oleh Manuel Locatelli pada menit 26′ dan 52′. Sementara Ciro Imobile kembali menunjukkan kualitasnya dengan mencetak gol menit akhir.

Bangkitnya Timnas Italia ini berkat polesan mantan pelatih Manchester City, Roberto Mancini, yang berkembang pesat sejak persepakbolaan Eropa diguncang pandemi Covid-19. Selain itu, penampilan bagus Jorginho sebagai gelandang bertahan juga menjadi salah satu pemain yang paling banyak memotong bola di gelaran akbar sepak bola Eropa tersebut.

Selain itu, Nicolo Barella dan Manuel Locatelli juga tampil apik bersama Jorginho di tengah. Keduanya menyuplai bola dari belakang ke depan dan menjadi 2 pemain paling sibuk di skuad Gli Azzurri.

Berkat ketiganya, Gianluigi Donnarumma jadi pemain paling santai karena hanya melakukan 1 save dan masih belum kebobolan sama sekali. Bahkan, Locatelli tampil apik membantu lini serang dan sudah mencetak 2 gol dalam pertandingan melawan Swiss.

Di bagian pertahanan duet pemain Juventus Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci bermain sangat disiplin, di samping chemistry keduanya sudah terbangun di skuad Si Nyonya Tua. Keduanya disokong oleh Giovanni Di Lorenzo di kanan dan Leonardo Spinazzola di kiri.

Di lini serang, Ciro Imobile benar-benar menjadi sorotan, dalam 2 pertandingan dia selalu mencetak gol. Dia disokong oleh Domenico Berardi dan Lorenzo Insigne yang tampil apik di Serie A. Gli Azzurri benar-benar seperti raksasa tertidur yang kini sudah sangat berhasrat untuk mengamankan Gelar Euro setelah terakhir mendapatkan pada 1968.

Meski sudah pasti lolos, ketangguhan Italia masih harus diuji dalam pertandingan terakhir Grup A melawan Wales untuk memastikan siapa yang menjadi kampiun di grup tersebut. Wales sendiri mengoleksi 4 poin setelah bermain imbang melawan Swiss dan menang 2-0 melawan Turki.

Wales sendiri tidak bisa dianggap remes lantaran negara bagian dari Britania Raya ini dihuni nama-nama top seperti Gareth Bale, Aaron Ramsey, sampai Daniel James. Menarik untuk disaksikan siapa pemenang antara Italia vs Wales yang akan berlangsung pada Minggu (20/06/2021), pukul 23.00 WIB.

  • Bagikan