32 Pelukis Unjuk Kebolehan di Gedung DPRD Kota Malang

  • Bagikan
32 Pelukis Unjuk Kebolehan di Gedung DPRD Kota Malang. Lukisan
Lukisan yang terdapat di gedung DPRD Kota Malang karya seniman dari Malang Raya. (Foto: AZM)

MALANG – Perlahan, semua orang kini mulai bangkit dari pandemi COVID-19. Tak terkecuali para pelaku seni. Di Malang, kegiatan seni mulai diizinkan beraktivitas, sepanjang menerapkan protokol kesehatan.

Kali ini, 32 perupa Malang Raya kembali menunjukkan eksistensinya melalui ajang pameran lukisan bertajuk Art dalam Pandemi COVID-19, di Hall Gedung DPRD Kota Malang, pada Senin-Minggu (16-22/11/2020).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Puluhan perupa yang tergabung dalam Komunitas Asta Citra Perupa Malang yang berdiri sejak 1985 ini, menginisiasi pameran ini sebagai pelecut semangat pelaku seni untuk kembali berkesenian, meski di tengah pandemi.

“Meski suasana memprihatinkan, sebagai pelaku seni harus memompa semangat masyarakat. Khususnya seniman untuk kembali bangkit dan terus semangat berkesenian,” terang Ketua Penyelenggara Pameran, Bambang Randika Santoso, pada Selasa (17/11/2020).

Tak hanya sekedar pameran, 75 lukisan ini juga dijual. Harganya terentang mulai Rp 1-15 juta.  Terus terang, lanjut pria asal Kidul Dalem Klojen ini, pameran ini menjadi ajang adu peruntungan selain sebagai bentuk pencapaian seni.

Sejak pandemi, seluruh kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan terpaksa dilarang sementara. Namun, kemudian angin segar datang dan kini pihaknya bisa kembali menggelar pameran di ruang publik.

“Dampak pandemi sangat luar biasa, apalagi yang pencaharian utamanya dari seni. Dengan adanya pameran ini, bisa jadi ajang transaksi. Setidaknya, meski tidak ada yang laku, temen-temen sudah bangga bisa kembali berpameran,” akunya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, memberikan apresiasi positif atas semangat para seniman untuk kembali bangkit dari pandemi COVID-19.

“Semoga dari sini dapat memberikan penyegaran dan menumbuhkan kreativitas baru untuk para pelukis dan pegiat seni lainnya untuk terus berkarya. Tetap semangat dan terus berkarya,” pesannya. (azm/zya/gg)

  • Bagikan