4 Manfaat Rutin Minum Infused Water, Cegah Penuaan Dini? - Tugujatim.id

4 Manfaat Rutin Minum Infused Water, Cegah Penuaan Dini?

  • Bagikan
Infused water. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi infused water dari buah dan sayur. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Infused water? Ya, barangkali Anda sudah sering mendengar istilah ini? Infused water atau biasa disebut air detoks adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran, maupun rempah-rempah. Nah, minuman sehat ini dipercaya mampu detoksifikasi tubuh karena ada kandungan nutrisi buah atau sayur yang ada di dalamnya. Istimewanya, meminum air itu dipercaya mampu mencegah penuaan dini lho!

Selain itu, infused water juga mencegah terjadinya berbagai penyakit yang menyerang tubuh akibat berbagai jenis produk minuman manis yang banyak di jual di pasaran. Karena itu, Anda cukup rutin meminumnya sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit karena kandungan antioksidan di dalamnya sangat bermanfaat.

Lalu, apa saja sih manfaat infused water jika rutin Anda minum? Berikut manfaatnya, simak ya!

1. Perbaiki Pencernaan

Saat Anda tidak dapat membuang air besar atau mengalami sembelit. Artinya, Anda sedang mengalami dehidrasi, di mana hal tersebut memengaruhi kinerja usus halus dalam mencerna makanan.

Salah satu penyebab dehidrasi adalah kurangnya asupan mineral dalam tubuh. Beberapa resep dari air detoks yang dapat dicoba untuk meringankan masalah pencernaan seperti kembung, salah satunya melalui jahe.

2. Mengurangi Rasa Lapar

Beberapa orang terkadang merasa lapar walaupun setelah makan. Menurut Danyale McCurdy-McKinnon dari Fit for Healty Weight Clinic di University of California, merekomendasikan agar kita meminum segelas air terlebih dulu jika merasa pada keadaan demikian.

Selain fakta tersebut, melansir dari theworkoutdigest oleh studi American Journal of Clinical Nutrition, menemukan hasil dengan dilakukannya pengujian rasa lapar setelah minum air putih dengan air manis, yakni orang akan memiliki sedikit keinginan makan setelah meminum air manis.

Infused water pun diklaim dapat menjadi pengganti minuman rasa yang kaya akan kandungan gula dari pemanis sintetik. Jadi, dapat dikatakan ini cukup membantu Anda dalam penurunan berat karena perasaan kenyang dengan manis alami yang dihasilkan oleh kandungan buah di dalamnya.

3. Menghidrasi Tubuh

Agar tetap terhidrasi, manusia membutuhkan air. Kebutuhan asupan cairan manusia pun beragam terhadap setiap individu tergantung pada aktivitas fisik, berat badan, dan kondisi lingkungan.

Tubuh manusia memerlukan mineral yang dikenal sebagai elektrolit. Nah, kalsium, kalium, magnesium, dan sodium merupakan beberapa elektronik utama yang dapat dihasilkan dari buah dan sayuran berdaun hijau (paterseli dan mint) yang umum digunakan dalam infused water.

Hal tersebut didukung oleh fakta yang dilansir dari theworkoutdigest bahwa rendaman buah dan sayur akan menghasilkan vitamin dan mineral tertentu yang akan larut di dalam air hingga 20%, salah satunya lewat elektrolit.

4. Cegah Penuaan Dini

Beberapa produk skincare memiliki klaim bahwa produk mereka dapat mengatasi penuaan dini, salah satunya menghilangkan kerutan. Namun, apakah itu cukup?

Ya, baik skincare dan mengonsumsi air mineral itu penting untuk dilakukan sesuai kebutuhan. Air sendiri dibutuhkan untuk perawatan dari dalam.

Jika memakan buah secara langsung dan minum air putih dianggap sebagai sesuatu yang umum, infused water dapat menjadi pilihan Anda. Beberapa buah seperti jenis beri dan keluarga citrus dalam penelitian ternyata mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

 

Baca Juga:

Sangat Bermanfaat, 3 Resep Minuman Mendetoks Tubuh


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan