Tips  

4 Tips Ikut Kompetisi Business Plan, Berpeluang Juara!

business plan. (Foto: Unplash/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Dunia bisnis salah satu bidang yang diminati banyak orang, mulai dari anak muda hingga dewasa. Alasannya jelas, bisnis merupakan salah satu cara efektif mendapatkan penghasilan. Perkembangan dunia bisnis juga semakin cepat dengan didukung teknologi yang kian canggih. Karena itu, dunia bisnis membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul dalam segi pengetahuan dan keterampilan. Karena itu apa kamu membutuhkan business plan?

Dalam mendirikan sebuah bisnis, tentunya kita harus mempelajari banyak hal seperti analisis biaya, studi kelayakan, riset pasar, dan sebagainya. Namun sebelum mendirikan sebuah bisnis, Anda bisa belajar terlebih dulu terkait cara perencanaan bisnis. Ada banyak kegiatan yang dapat diikuti untuk menambah wawasan dan skill di bidang bisnis ini. Salah satunya dengan mengikuti perlombaan business plan.

Perlombaan business plan menjadi salah satu bidang lomba yang mengeksplorasi peluang bisnis di masyarakat. Yuk, simak beberapa tips yang dapat digunakan dalam mengikuti kompetisi business plan agar juara!

1. Cari Lomba Business Plan dari Berbagai Media Informasi

Sebelum mengikuti lomba business plan, kamu harus mencari terlebih dahulu lomba yang akan diikuti dan siapa penyelenggaranya. Kamu dapat mengetahui informasi tersebut melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

2. Buat Ide Bisnis yang Kreatif dan Inovatif

Tahapan pertama ketika kamu sudah mendaftar perlombaan business plan adalah menyusun ide bisnis terlebih dulu. Cari ide yang kreatif dan kaya akan nilai inovasi. Salah satu caranya adalah dengan mencari permasalahan di masyarakat dan menuangkannya dalam ide bisnis dengan memperhatikan minat pasar dan konsumen.

3. Buat Business Model Canvas (BMC) yang Baik

Salah satu seleksi dalam perlombaan business plan adalah seleksi BMC. Ringkasan bisnis atau BMC ini terdiri dari 9 komponen yang tiap komponennya wajib diisi. Jangan lupa untuk memberikan design yang menarik dan isi yang sesuai dengan jenis bisnis kamu.

4. Buat Proposal Business yang Sesuai

Proposal bisnis juga menjadi salah satu tahapan seleksi setelah seleksi BMC. Buatlah proposal business yang sesuai dengan struktur serta aturan yang ada dalam buku panduan lomba, isi proposal juga harus sesuai dengan jenis bisnis kamu.

 

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi (Pondasi).

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim