4 Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Lebaran - Tugujatim.id

4 Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Lebaran

  • Bagikan
Menjaga pola makan yang sehat. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Menjaga pola makan yang sehat. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Salah satu momen menyenangkan saat Lebaran, yakni banyak sajian kuliner yang dihidangkan. Seperti ketupat, opor ayam, gulai, sambal kentang ati, lodeh manisah, sate ayam, dan lain-lain. Nah, sering kali semua itu menjadi menu spesial dan makanan utama saat Lebaran. Lalu, bagaimana ya kita mengontrol pola makan kalau ada banyak hidangan enak saat Lebaran?

Tugu Jatim telah merangkum 4 tips untuk menjaga pola makan saat Lebaran bersama keluarga di rumah. Selain senang dan bahagia bisa bertemu keluarga besar, Anda juga tetap sehat dan tak terserang beragam penyakit akibat pola makan yang tidak salah. Apa saja tips menjaga pola makan saat Lebaran? Simak ya…

1. Jangan Terkesan “Lapar Mata”

Persediaan makanan saat Lebaran pasti sangat berlimpah. Mulai dari pernak-pernik camilan di atas meja hingga makanan berat yang diletakkan di atas piring-piring besar dan wadah lainnya. Bila sudah tampak seperti itu, jangan sampai “lapar mata” untuk menikmati semua sajian tersebut. Kita bisa memilih beberapa makanan saja yang menjadi favorit saat Lebaran.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan dengan porsi-porsi yang lebih kecil. Hal itu untuk mengindari dari rasa terlalu kenyang yang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Tubuh mungkin juga masih terbiasa dengan pola makan yang sedikit karena telah menjalani puasa selama 30 hari.

2. Batasi Jenis Makan Makanan Tertentu!

Anda perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk menjaga pola makan dan kadar kesehatan tubuh. Tujuannya agar ke depan tidak berdampak pada kesehatan tubuh. Misalkan saja, batasi makan sayur yang bersantan karena makanan yang bersantan mengandung lebih banyak lemak jenuh dan kadar lemak tinggi yang bisa berisiko terkena kolesterol. Selain itu, makanan yang manis juga jangan terlalu banyak.

3. Berhenti Makan saat Merasa Kenyang

Saking banyaknya pilihan makanan yang disediakan saat Lebaran, kadang kita terlalu kalap ingin memakan semuanya. Meski perut sudah kenyang dan tidak kuat lagi menampung makanan baru. Berhentilah, kalau memang sudah kenyang. Kalau bisa, berhenti makan sebelum merasa kenyang.

Hal itu sama seperti yang disampaikan Nabi Muhammad SAW bahwa makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Selain itu, banyak minum air putih agar tubuh tetap sehat. Anda juga bisa mengobrol dengan sanak keluarga agar tidak terlalu fokus dengan makanan yang dihidangkan.

4. Konsumsi Sayur-Sayuran

Anda semua barangkali sudah tahu, kebanyakan hidangan makanan yang disajikan saat Lebaran merupakan makanan berat. Namun, jika Anda menemukan hidangan berupa sayuran, tidak ada salahnya memakanannya. Sebab, sayuran juga dapat membuat Anda kenyang dan mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh, terlebih dapat terhindar dari kolesterol.

Itulah 4 tips untuk menjaga pola makan agar tetap sehat saat Lebaran. Jangan terlalu banyak makan dengan porsi banyak, ambil porsi secukupnya saja, dan pilihlah makanan yang mengandung banyak sayuran agar tubuh tetap sehat pasca-Lebaran.

  • Bagikan