5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Malang

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Malang

  • Bagikan
Universitas Negeri Malang (UM) saat siang hari.
Universitas Negeri Malang (UM) saat siang hari. (Foto: Zhafira Vani R)

Tugujatim.id – Semua tahu bahwa Kota Malang adalah kota pelajar di Jawa Timur. Ada banyak pilihan kampus baik negeri maupun swasta di Kota Dingin ini. Kamu bisa milih kampus mana yang diinginkan. Tentu kualitas kampusnya juga tidak diragukan.

Namun demikian tidak banyak yang mengerti alasan mengapa harus kuliah di Kota Malang. Sebelum saya ulas, perlu kamu tahu bahwa Kota Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Dan spesialnya, kota ini juga sering kali menjadi tujuan wisata baik lokal maupun internasional.

Baiklah kalau begitu, langsung to the point saja mengapa kamu harus milih kuliah di Malang.

1. Beberapa Kampus Terbaik Ada di Malang

Malang tak hanya memiliki banyak kampus, tetapi beberapa kampus terbaik nasioanal ada di Malang. Sebut saja Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ini untuk yang berstatus negeri.

Yang berstatus swasta juga ada di Malang, misalnya Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang  dau kampus ini langganan peraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) di Jawa Timur. Tentu masih ada beberapa kampus swasta lainnya yang juga berprestasi. Nah, hal itu patut di pertimbangkan sebagai salah satu alasan untuk memilih Malang sebagai tempat menempuh pendidikan di jenjang sarjana.

2. Biaya Hidup Murah

Di Malang, kamu tidak perlu takut dengan biaya hidup. Untuk urusan perut, seperti makan dan minum di Malang relatif terjangkau atau ramah di kantong mahasiswa. Harga kos juga masih terjangkau, berkisar Rp 400 ribu  hingga Rp 1 juta rupiah per bulan.

Tentu ada harga ada rupa, artinya tergantung fasilitas yang disediakan masing-masing tempat. Semakin lengkap fasilitasnya maka semakin mahal. By the way, kuliah kan bukan untuk happy-happy, yang penting bisa tidur dan tidak kehujanan sudah cukup kan.

Jika memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor, rutinitas kuliah bisa jauh lebih hemat lagi. Namun, yang tidak memiliki kendaraan pribadi dapat menggunakan angkutan umum atau ojek online karena memiliki rute yang cukup banyak di Malang.

3. Udaranya Sejuk

Kota Malang berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh beberapa gunung, di antaranya gunung Panderman, Welirang, Arjuno, dan Semeru. Keadaan geografi ini membuat Malang sangat sejuk, karena disebut juga Kota Dingin. Di jamin deh pertama kali kalian ke Malang akan merasakan kedinginan.

Nah, suasana sejuk ini sangat cocok untuk para mahasiswa. Saat belajar dalam suasana sejuk terasa semakin menyenangkan.

4. Banyak Tempat Refreshing

Tidak hanya udara yang sejuk, salah satu alasan mengapa mahasiswa baru harus memilih kuliah di Malang adalah karena kota ini miliki pariwisata yang cukup banyak. Baik dari wisata alam maupun wisata buatan.

Di tengah kesibukan kuliah, mahasiswa tentu membutuhkan sarana untuk merfresh pikirannya. Iya nggak? Hal ini sangat cocok jika mahasiswa memilih berkuliah di Kota Malang. Selain itu banyak juga coffeshop yang bisa digunakan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas kuliah dengan fasilitas wifi yang memadai.

5. Banyak Kos-kosan di Sekitar Kampus

Malang sebagai kota pendidikan membuat warga sekitar area kampus memanfaatkan hal itu sebagai ladang ekonomi, dengan itu mereka membuat kos-kosan di sekitar kampus.

Tentu saja hal itu sangat membantu para mahasiswa yang berasal dari daerah jauh. Tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk transportasi saat mau ngampus karena mahasiswa bisa berjalan kaki sudah sampai. Kamu bisa lakukan survei dulu melalui aplikasi pencari kos atau langsung turun ke lapangan.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan