5 Alasan Mengapa Magang untuk Mahasiswa Itu Penting - Tugujatim.id

5 Alasan Mengapa Magang untuk Mahasiswa Itu Penting

  • Bagikan
Ilustrasi seorang mahasiswa mencari informasi lowongan magang. (Foto: Pixabay) kenapa magang itu penting tugu jatim
Ilustrasi seorang mahasiswa mencari informasi lowongan magang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Dunia perkuliahan menjadi tahap akhir dibidang pendidikan sebelum nantinya akan memasuki dunia kerja. Sebagai mahasiswa, kita harus mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya dapat meraih kesusksesan yang kita inginkan jika sudah terjun ke dunia kerja. Magang merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan gambaran bagi para mahasiswa tentang seperti apa lingkungan kerja nantinya, maka kita harus memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin. Berikut beberapa penjelasan tentang pentingnya magang bagi mahasiswa.

1. Mendapat Gambaran tentang Dunia Kerja yang Professional

Dunia kerja dan dunia perkuliahan tentu saja hal yang berbeda, kegiatan magang yang dilakukan kurang lebih berada ditengah-tengah antara kedua hal tersebut. Melalui magang kamu akan mendapatkan pengalaman untuk terjun langsung dan mengerjakan tugas sesuai dengan posisimu. Sehingga nantinya ketika kamu sudah benar-benar berada di dunia kerja, kamu tidak akan terkejut dan langsung dapat beradaptasi dengan lingkungan. Dengan kegiatan ini, kamu akan terlatih untuk bekerja serta mengpraktikkan ilmu yang sudah kamu dapatkan selama berada dibangku perkuliahan.

2. Mengetahui Bidang Pekerjaan yang Diminati

Sebagian mahasiswa mungkin masih merasa bingung tentang bidang pekerjaan mana yang sebenarnya akan menjadi titik fokus ketika hendak bekerja nantinya, melalui magang inilah kamu dapat mengenali bidang mana yang kamu sukai dan cocok nantinya. Kamu akan mendapatkan gambaran tentang tugas-tugas dari posisi pekerjaan yang bisa membuat kamu nyaman saat bekerja.

3. Mengasah dan Menambah Skill

Tentu saja setiap mahasiswa memiliki skill yang berbeda-beda, baik itu soft skill maupun hard skill. Kegiatan magang mungkin akan lebih meningkatkan kemampuan soft skill kamu, seperti skill berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, manajemen waktu, dan lain sebagainya. Karena teori dan praktik yang kamu jalani pada saat perkuliahan tidaklah cukup. Magang juga akan melatih kamu dalam bekerja dan bersikap secara professional, yang nantinya akan sangat berguna saat memasuki dunia kerja.

4. Menambah Relasi

Relasi pada ruang lingkup perkuliahan saja tidak cukup, dengan magang kamu dapat memperluas relasi yang akan membuat kamu mendapatkan banyak informasi tentang lowongan pekerjaan kedepannya. Maka usahakan pada saat kamu menjalani kegiatan ini, bangunlah koneksi dan relasi seluas luasnya. Tidak lupa juga kamu harus menjaga komunikasi dan meninggalkan kesan baik setelah masa magangmu usai, agar kamu akan diingat sebagai sosok anak magang yang baik.

5. Mendapatkan Pengalaman Baru

Pengalaman merupakan salah satu poin terpenting, dengan memiliki pengalaman maka kamu akan memiliki nilai lebih dibandingkan mahasiswa lainnya. Pengalaman akan memberikan kamu sesuatu hal yang baru dan tentu saja dapat kamu cantumkan pada CV ketika akan melamar kerja nantinya, sehingga kamu memiliki nilai lebih dalam CV-mu yang akan memunculkan peluang besar bagi kamu untuk dilirik oleh HRD perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Nah itu dia lima poin tentang pentingnya magang bagi mahasiswa. Sebenarnya terdapat banyak sekali poin-poin penting tentang magang, namun kelima poin tadi dapat menjadi alasan utama mengapa kamu harus mencari magang. Sekarang ini banyak sekali platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari informasi tentang lowongan magang mulai dari komunitas hingga perusahaan besar sekali pun, dengan bermodalkan niat dan keinginan tentu saja akan selalu ada jalan untuk mendapatkan apa yang kita tuju. Yuk mulai cari lowongan magang dari sekarang! (Ifa Nadhifah Syah Putri/gg)

  • Bagikan