5 Buku Pengembangan Diri yang Akan Mengubah Hidup Anda

5 Buku Pengembangan Diri yang Akan Mengubah Hidup Anda

  • Bagikan
Ilustrasi membaca buku./tugu jatim
Ilustrasi membaca buku. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Pepatah mengatakan “buku adalah jendela dunia”. Dengan membaca, secara tidak langsung meningkatkan wawasan kita. Bisa juga membaca sebagai media hiburan di kala senggang, menurunkan risiko stres dan depresi, serta wadah pengembangan diri.

Dewasa ini, banyak orang ingin mengembangkan diri secara terus menerus setiap hari. Untuk mencapai harapan tersebut, terkadang mereka tidak tahu harus memulai dari mana. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi buku untuk Anda yang sedang berusaha mengembangkan diri.

1. The 7 Habits of Highly Effective People

Buku ini memberikan kita gambaran mengenai tujuh kebiasaan manusia efektif, antara lain be proactive (jadilah manusia yang proaktif), begin with the end in mind (mulailah segala sesuatu dengan tujuan di pikiran),  first things first (dahulukan yang lebih utama), think win-win (berpikir saling menguntungkan), seek first to understand, then be understood (pahami orang lain terlebih dahulu, baru mereka akan memahami Anda), synergize (bersinergi dengan orang lain), dan sharpen the saw (asahlah gergaji supaya tajam dan berfungsi dengan baik).

Tujuh kebiasaan itu dapat mengubah cara pandang orang dari yang awalnya melihat masalah dari sudut pandang “aku” menjadi sudut pandang ketiga. Selain itu, buku ini juga mengajarkan kita bagaimana memandang dunia secara positif, mengajarkan kedisiplinan, dan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan diri. Tak heran apabila buku ini sering direkomendasikan oleh banyak orang.

The 7 Habits of Highly Effective People/tugu jatim
The 7 Habits of Highly Effective People. (Foto: Pinterest)

2. Filosofi Teras

Filosofi Teras adalah buku yang menjelaskan mengenai stoisisme. Stoisisme sendiri merupakan aliran filsafat Yunani-Romawi yang bertujuan untuk menciptakan hidup dengan emosi negatif yang terkendali dan hidup dengan sebaik-sebaiknya selayaknya manusia. Salah satu inti dari buku ini ialah mengenai prinsip dikotomi kendali.

Prinsip ini menerangkan bagaimana kita harus menyikapi sesuatu yang terjadi dengan bijak karena pada dasarnya hal yang membuat sesuatu itu menjadi baik atau buruk adalah persepsi diri sendiri. Buku ini cocok dengan era sekarang yang penuh dengan distraksi dan emosional.

Filosofi Teras/tugu jatim
Filosofi Teras. (Foto: Pinterest)

3. Start With Why

Start With Why akan menunjukkan kepada kita bagaimana seorang pemimpin berkomunikasi dan menginspirasi banyak orang. Secara khusus, buku ini menjelaskan mengenai pemahaman paling dasar dalam setiap aspek, baik karir, organisasi, maupun kehidupan.

Didalam buku ini dijelaskan mengenai lingkaran emas. Ada tiga lapisan pada lingkaran tersebut, yaitu lapisan paling dalam adalah Why, lapisan kedua adalah How, dan lapisan terluar adalah What.

Sebagian besar orang memulai sesuatu dari What. Misalnya, ketika menentukan universitas yang akan dituju, pikiran pertama kali adalah “universitas apa yang akan saya letakkan di pilihan pertama?” Padahal yang seharusnya kita pikirkan dan tanyakan kepada diri sendiri ialah “mengapa saya harus melanjutkan pendidikan ke universitas?”

Pertanyaan itulah yang sekaligus menjadi tujuan utama atau motivasi seseorang melanjutkan pendidikan ke universitas, sehingga dapat meminimalisir perasaan ingin menyerah atas pilihan tersebut.

Start with Why./tugu jatim
Start with Why. (Foto: Pinterest)

4. How To Win Friends and Influence People

Buku karya Dale Carneige ini berisi kisah-kisah yang ditemui sendiri maupun dari perserta kursusnya. Banyak pelajaran berharga dari buku ini yang terasa sangat relate dan mudah diterima. Secara khusus, buku ini memiliki empat bagian utama, antara lain: teknik dasar dalam menghadapi orang, enam kiat agar orang lain menyukai Anda, kiat agar orang menyetujui cara pikir Anda, dan menjadi seorang pemimpin

Buku ini sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar bagaimana cara berkomunikasi, menjadi pemimpin, dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

How To Win Friends and Influence People/tugu jatim
How To Win Friends and Influence People. (Foto: Pinterest)

5. Atomic Habits

Buku ini membahas cara mudah membangun kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Penulis buku ini, James Clear, menemukan sebuah cara untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Menurutnya, perubahan yang nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil atau hal-hal yang bersifat atom. Itulah mengapa buku ini berjudul Atomic.

Dalam buku ini, dia mengungkapkan beberapa trik sederhana dalam hidup, kemudian menggalinya ke dalam teori psikologi dan neurosains untuk menjelaskan mengapa semua itu penting. Ia juga berbagi tips yang dapat digunakan untuk menciptakan kebiasaan baru, yaitu mendapatkan petunjuk, menumbuhkan gairah, menanggapi atau merespon dan menikmati hasil.

Atomic Habits/tugu jatim
Atomic Habits. (Foto: Pinterest)

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku buat kalian yang ingin memulai mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas diri. Jangan lupa bahwa perubahan yang positif harus dimulai dari diri sendiri. Jadi, buku mana nih yang menarik perhatian kalian?

  • Bagikan