5 Cara agar Kamar Terlihat Rapi dengan Teknik KonMari - Tugujatim.id

5 Cara agar Kamar Terlihat Rapi dengan Teknik KonMari

  • Bagikan
Menurut Kondo, ruangan yang rapi adalah ruangan yang menyenangkan. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Tahukah kalian dengan Marie Kondo? Si pencetus teknik merapikan rumah KonMari yang sempat jadi perbincangan hangat pada 2019 lalu. Ia sempat ramai dibicarakan karena serial Netflix-nya yang berjudul “Tidying Up with Marie Kondo” dan bukunya yang berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up” dapat merubah hidup banyak orang setelah membereskan ruangan mereka.

Menurut Kondo, ruangan yang bersih adalah ruangan yang menyenangkan. Ruangan tersebut juga akan membuat kita senang.
Dalam teknik yang dibuat Marie Kondo, kita hanya perlu merapikan kamar satu kali seumur hidup. Setelah itu, kita hanya perlu menjaganya agar tetap rapi. Jadi, apa saja teknik KonMari dari Marie Kondo yang dapat membuat kamarmu selalu rapi? Yuk, simak 5 hal di bawah ini.

1. Buang Barang-Barang yang Tidak Terpakai

Kondo menyarankan untuk menyimpan barang-barang yang membuatmu senang dan membuang yang tidak diperlukan. Buang barang-barang yang sudah tidak terpakai atau kalian dapat mendonasikannya jika barang tersebut masil layak untuk digunakan.

Barang-barang tidak terpakai hanya akan memenuhi kamarmu. Dengan beberapa benda dibuang, tentu akan lebih mudah untuk menjaga kerapian dan kebersihan kamar.

2. Sediakan Tempat untuk Setiap Barang

Selalu sediakan tempat untuk setiap barang dan jangan membeli barang jika belum memiliki tempat untuk menyimpannya. Jangan lupa untuk selalu mengembalikan barang ke tempat semula setelah dipakai. Hal tersebut akan sangat meminimalisir munculnya barang yang berserakan dalam kamar.

Sediakan juga pengikat kabel untuk charger. Karena charger yang tidak terikat akan membuat kamarmu tidak rapi. Dengan begitu, semua barang akan lebih terorganisir dan juga lebih mudah saat mencarinya.

3. Meletakkan Pakaian dalam Laci

Dengan meletakkan pakaian ke dalam laci, kita akan mengetahui warna pakaian apa saja yang telah kita punya. Jadi, kita tidak akan

membeli baju dengan warna yang sama lagi. Selain itu, pakaian yang diletakkan dalam laci tidak mudah berantakan dan pakaian lebih mudah untuk diambil. Karena pakaian yang diletakkan dalam laci tidak diletakkan dalam bentuk susunan seperti di dalam lemari.

4. Jangan Gantung Pakaian, Tapi Lipat

Kondo menyarankan untuk melipat baju daripada menggantungnya. Karena, pakaian yang digantung akan memenuhi ruangan dan ruangan tersebut akan terlihat tidak rapi. Lalu letakkan pakaian sesuai dengan warnanya. Dengan begitu, tempat pakaian menjadi lebih rapi dan enak dilihat.

5. Bersihkan Sprei secara Berkala

Kasur adalah tempat dimana hampir semua kegiatan di dalam kamar berlangsung. Terkadang kita melakukan semua hal mulai dari belajar, menonton film, hingga makan di kasur. Sehingga, sprei bisa menjadi pusat dari semua permasalahan kerapian kamar. Belum lagi jika kita melakukan kegiatan di kasur dengan kaki kotor setelah keluar dari kamar.

Nah, itu dia hal-hal yang harus kalian lakukan agar kamar tetap rapi. Mudah bukan? Menjaga barang agar tetap rapi sebenarnya mudah, namun kita harus konsisten. Yuk, coba! (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan