5 Fakta Mengenai Vitamin C, Yakin Kamu Sudah Tahu?

  • Bagikan
Buah jeruk dan minuman jeruk yang dipercaya banyak memiliki kandungan vitamin C. (Foto: Pexels) tugu jatim
Buah jeruk dan minuman jeruk yang dipercaya banyak memiliki kandungan vitamin C. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Vitamin C merupakan salah satu yang paling ditemui di beragam buah-buahan, minuman dan makanan. Sebagian ciri-cirinya ialah warnanya yang kuning dan memiliki rasa masam. Vitamin C punya nama lain yaitu Asam Askorbat, dibutuhkan untuk mengembangkan fungsi tubuh. Tugu Jatim telah merangkum 5 fakta mengenai Vitamin C yang belum banyak diketahui orang. Apa saja?

1. Vitamin C sebagai Sumber Antioksidan

Ada kandungan antioksidan dalam vitamin c yang dapat melawan radimal bebas, meningkatkan sistem imun dan mengurangi risiko penyakit kronis. Tatkala kita mengkonsumsi vitamin c, kulit bisa menjadi lebih segar, membantu produkai kolagen dalam tubuh manusia.

2. Darah Tinggi Bisa Diselesaikan dengan Konsumsi Vitamin C

Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa konsumsi suplemen vitamin c dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah sistolik sebanyak 4.85 mmHg dan diabolik sebanyak 1.67 mmHg. Darah tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, hipertensi sendiri masih menjadi tantangan terbesar di Indonesia.

3. Kandungan dalam Stroberi Lebih Banyak dari Jeruk

Sarintan Tarigan membuat semacam analisa, bahwa jeruk lokal yaitu jeruk manis mempunyai kadar vitamin c sebanyak 51,68 mg per 100 gramnya. Sedangkan untuk kandungan dalam jeruk sunkist, punya kadar vitamin c lebih tinggi, mencapai 85,18 mg per 100 gram. Namun keduanya masih kalah banyak dengan kandungan vitamin c yang ada di dalam stroberi. Tercatat sebanyak 94 mg per 100 gram setara dengan 1,5 kebutuhan harian untuk vitamin c.

4. Rekomendasi Harian Vitamin C Sebanyak 45 mg Setara 100 gram Jeruk

Walaupun vitamin c punya segudang manfaat, namun ada rekomendasi harian dalam mengonsumsi vitamin c agar dapat optimal diserap oleh tubuh dengan kebutuhan yang diperlukan. Jumlah harian vitamin c sebanyak 45 mg atau setara dengan mengonsumsi 100 gram buah jeruk. Namun, gaya hidup, jenis kelamin, usia manusia dan pola makan mempengaruhi kebutuhan vitamin c.

5. Overdosis Vitamin C dapat Membuat Gangguan Kulit dan Penyakit Ginjal

Maka dari itu, ada rekomendasi harian vitamin c sebanyak 45 mg. Karena tatkala konsumsi vitamin c orang dewasa melebihi 2000 mg sehari, akan mengakibatkan overdosis yang berujung pada gangguan sistem pencernaan, muntah-muntah, gangguan kulit xan penyakit ginjal.

Itulah 5 fakta menarik mengenai vitamin c yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, konsumsi vitamin c secukupnya, apalagi di masa pandemi Covid-19. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan