5 Cara Mudah Membuat Rumah Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

  • Bagikan
Ilustrasi rumah ramah lingkungan. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi rumah ramah lingkungan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar adalah tanggung jawab kita bersama, bahkan melatih kebiasaan yang baik harus ditumbuhkan sejak kecil melalui kebiasaan-kebiasaan kehidupan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan itu dapat dimulai dari rumah sendiri dan ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk membuat rumah menjadi lebih ramah lingkungan. Hal ini juga dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak untuk membiasakan menjaga llingkungan sejak usia muda.

Dilansir dari Wonderwall.sg, terdapat beberapa cara mudah untuk mengubah rumah kamu menjadi lebih ramah lingkungan, yuk simak!

1. Mengelola Air dengan tepat

Air adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan air juga harus dikelola dengan baik. Tidak hanya air bersih tetapi juga limbah air harus dikelola dengan baik. Mencuci baju menggunakan air dingin bukan panas, tidak berlama-lama saat mandi dan menggunakan air secukupnya, memperbaiki kran air yang menyebabkan air menetes selama berhari-hari, mematikan taps saat menyikat gigi. Semua hal itu dapat membantu mengurangi jumlah air yang dikonsumsi di rumah.

2. Mengganti kantong plastik menggunakan tas belanja

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa plastik adalah hal yang sulit dan lama di urai oleh alam. Sayangnya masih banyak toko yang masih menggunakan kantong plastik untuk barang belanjaannya. Tapi kita dapat meminimalisir penggunaan kantong plastik dengan membawa tas belanja sendiri saat kita akan berbelanja ke toko swalayan ataupun pasar. Tas belanja dapat menjadi alternatif untuk mengurangi sampah plastik, selain itu tas belanja dapat digunakan bekali-kali dan dapat dicuci jika terlihat kotor. Kamu juga dapat membuat tas belanjamu sendiri sehingga bisa lebih menarik.

3. Beralih menggunakan lampu LED

Meskipun lampu LED yang ramah lingkungan awalnya lebih mahal daripada lampu fluorescent dan incandescent biasa, mereka menjadi jauh lebih efisien pada jangka panjang. Selain bebas racun, lampu LED terbukti lebih efisien sampai 80%, memancarkan panas sangat sedikit, dan berlangsung sampai 10 kali lebih lama dari cahaya konvensional. Investasi di lampu yang tepat membuat perbedaan besar. Kamu akan menggunakan lebih sedikit listrik dan membuat rumah menjadi lebih ramah lingkungan. Tidak peduli seberapa menggoda bola lampu incandescent, lampu LED adalah alternatif yang lebih baik. Lampu LED dapat bertahan lebih lama dan dapat menghemat uang pada jangka panjang.

4. Mencabut barang elektronik yang tidak digunakan

Terkadang kita lupa setelah menggunakan sesuatu barang elektronik seperti oven listrik tidak mencabut perangkat dari soketnya. Padahal jika perangkat elektronik dimatikan atau dalam mode tidur, mereka masih menggunakan energi. Jadi, sebelum pergi berlibur, pastikan untuk mencabut semua perangkat kamu dari soket dinding, untuk menghemat listrik ketika perangkat listrik tidak digunakan. Selain itu matikan lampu yang tidak digunakan agar dapat menghemat penggunaan listrik.

5. Mendaur ulang yang dapat dipakai

Mendaur ulang dapat membantu mengurangi penggunaan energi, polusi air dan bahkan polusi udara. kamu dapat mendaur ulang pakaian yang sudah tidak kamu pakai menjadi sebuah tas belanja, menjadi sebuah kain pel, atau alas kaki depan kamar mandi. Kamu juga dapat mendaur ulang furnitur yang sudah tua dengan mengecat ulang atau sedikit diperbaiki sehingga tidak perlu beli lagi dan tidak perlu membuang furnitur lama agar tidak menjadi limbah.

Nah berikut tips mudah bagaimana membuat rumah kamu menjadi lebih ramah lingkungan. Yuk sama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan dan biasakan sejak dini demi kesehatan bumi kita.

Penulis: Kholifa Tul IslamiahEditor: Gigih Mazda
  • Bagikan