5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Layak Dikunjungi saat Lebaran - Tugujatim.id

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Layak Dikunjungi saat Lebaran

  • Bagikan
Wisata di Surabaya. (Foto: Pemkot Surabaya/Tugu Jatim)
Wisata di Surabaya. (Foto: Pemkot Surabaya/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, dengan luas 326,81 km persegi dan 3 juta jiwa penduduk yang tinggal di Kota Surabaya. Kota yang diresmikan pada 31 Mei 1293 ini mempunyai banyak destinasi wisata menarik, kekinian, dan cocok dipakai traveling bareng pasangan, keluarga, maupun teman.

Apalagi selama pandemi Covid-19 ini, warga tidak diperbolehkan mudik di luar kota untuk merayakan Lebaran. Sehingga mencari destinasi wisata di kota sendiri, menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga besar. Destinasi wisata mana sajakah yang cocok untuk menemani Lebaran Anda tahun ini di Surabaya? Berikut Tugu Jatim telah merangkumnya:

1. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Magrove merupakan salah satu lokasi yang recommended untuk pengguna Traveloka. Terletak di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Tempat ini menjadi salah satu favorit pengunjung karena lokasinya yang begitu hijau dan sejuk, di tengah terik matahari kawasan perkotaan Surabaya.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 5.000-Rp 25.000, pengunjung dan penikmat wisata bisa berkeliling kawasan hijau ini. Selain harga tiket masuk yang murah, pengunjung juga bisa belajar banyak mengenai ekosistem hijau yang ada di wilayah itu.

2. Taman Harmoni Keputih

Selain kawasan hijau, Surabaya juga mempunyai Taman Harmoni Keputih sebagai tujuan liburan Anda untuk menikmati Lebaran. Dengan bunga-bunga yang bermekaran, tanaman hijau yang menghiasi taman, dan ornamen-ornamen taman yang kelap-kelip dengan beragam warna, membuat wisata ini wajib dikunjungi.

Taman ini dulunya adalah tempat pembuangan akhir (TPA), lalu disulap oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai taman yang anggun dan menawan. Pengunjung juga bisa berswafoto cantik di sudut-sudut taman yang begitu Instagramable. Jadi, Anda bisa mendokumentasi momen indah bersama keluarga besar saat Lebaran.

3. Air Mancur Menari

Ada juga wisata yang bernuansa air, namanya Air Mancur Menari. Tempat ini berada di kawasan Kenjeran yang merupakan salah satu spot bagus untuk berswafoto bersama kawan, kerabat, keluarga, atau pasangan. Adanya jembatan megah di sepanjang Pantai Kenjeran, Anda dapat menikmati indahnya Air Mancur Menari untuk melengkapi momen Lebaran.

Lampu-lampu yang menghiasi air mancur dapat membuat Anda happy. Jadi, destinasi wisata ini perlu dan wajib dikunjungi karena keindahannya begitu menawan!

4. Taman Prestasi

Taman Prestasi sudah ada sejak 1992 yang kemudian diresmikan 1993. Lokasi dari Taman Prestasi ini ada di pusat Kota Surabaya yang memudahkan akses untuk pengunjung yang ingin bersenang-senang dengan keluarga menikmati pemandangan kota saat Lebaran. Taman Prestasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Ada di sepanjang Sungai Kalimas, membuat Taman Prestasi semakin memesona. Banyak pepohonan yang rindang dan hijau, menambah kesejukan udara di tengah hiruk-pikuk Surabaya yang begitu padat. Di Taman Prestasi ini juga ada Monumen Pesawat Bomber B-26 Instruder sebagai wahana baru yang bisa dipakai swafoto dengan keluarga.

5. Monumen Kapal Selam

Ada tempat menarik lagi yang perlu dikunjungi oleh wisatawan di Surabaya saat Lebaran. Namanya Monumen Kapal Selam. Terletak di Jalan Pemuda Nomor 39 Genteng Surabaya, Anda dapat melihat secara langsung berbagai kendaraan militer yang dipajang di lokasi, termasuk kapal selam.

Tempat wisata ini bernuansa edukatif karena pengunjung bakal bisa menikmati tampilan indoor Kapal Selam bernama KRI Pasopati 410 yang ikut dalam operasi Trikora. Untuk bisa mengenal sejarahnya, pengunjung disuguhkan sebuah film pendek tentang pertempuran Laut Aru.

Itulah 5 tempat wisata di Surabaya yang dapat dipakai referensi destinasi wisata saat Lebaran bersama keluarga. Tetap jaga protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 ini ya…

  • Bagikan