5 Fakta Air, Ternyata Air Panas Lebih Cepat Membeku daripada Air Dingin! - Tugujatim.id

5 Fakta Air, Ternyata Air Panas Lebih Cepat Membeku daripada Air Dingin!

  • Bagikan
Ilustrasi mata air. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi mata air. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Air merupakan salah satu sumber penting dari konstelasi kehidupan. Bahkan, semua makhluk hidup bergantung pada air untuk melangsungkan hajat hidupnya. Tapi, ada banyak fakta soal air yang barangkali belum Anda ketahui. Tugu Jatim pun merangkumnya dalam 5 fakta menarik mengenai air. Apa sajakah itu?

1. Lebih dari 71 Persen Permukaan Bumi Ditutupi Air

Apakah Anda tahu bahwa sebagian besar permukaan bumi ditutupi oleh air? Setidaknya ada persentase 71 persen area permukaan bumi diselimuti air dan 97 persennya berupa air laut. Sedangkan untuk 3 persen berupa air tawar yang bisa diminum. Mengenai jumlah air tawar di dunia, ada pembagian seperti salju abadi, es di kutub, dan berupa glasier (glester).

Sedangkan sesuai perhitungan, setidaknya ada sekitar 30 persen air yang tersimpan jauh di dalam tanah. Selebihnya, 1 persen berupa air permukaan yang bisa digunakan dengan mudah untuk keperluan rutin sehari-hari oleh manusia. Air tersebut berupa air permukaan di tanah, air sungai, air danau, dan air rawa-rawa.

2. Untuk 70 Persen Tubuh Manusia Dipenuhi Air

Menurut perhitungan, ada 60-70 persen dari tubuh manusia dewasa didominasi air. Sedangkan untuk proses pertumbuhan manusia mulai dari janin, sudah mengandung 95 persen air pada bulan pertama kehamilan. Kemudian saat lahir, 77 persen air mendominasi tubuh bayi. Untuk manusia yang mempunyai berat 70 kg, ada sejumlah 42 liter air di tubuhnya.

3. Ada 30 Persen Air Berasal dari Tanah di Permukaan Bumi

Sumber yang bisa menimbun, menyimpan, dan menghasilkan sumber air salah satunya adalah tanah. Sebanyak 30 persen air berasal dari tanah di permukaan bumi, termasuk dari tanah atau desalinasi, yaitu perubahan air laut menjadi tawar. Hal itu membuat kita tahu bahwa perlu menghemat air agar tidak terjadi kekurangan air bersih di beberapa tempat.

4. Efek Kekurangan Air Bersih dan Air Minum Aman Dikonsumsi

Dari data PBB yang dikutip oleh Tugu Jatim, ada setidaknya 2,1 miliar orang tidak memiliki air minum yang aman di rumah. Dari total catatan itu, sekitar 844 juta orang tidak memiliki akses terhadap layanan air minum dasar. Apalagi ada sekitar 263 juta orang yang melakukan perjalanan lebih dari 30 menit untuk mengumpulkan air guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

5. Apakah Itu “Mbemba”?

Ada semacam efek fisika dan kimia yang bernama “Mbemba”. Apakah itu? Semacam momen ketika air panas akan membeku lebih cepat daripada air dingin. Hingga saat ini, tidak ada yang tahu hal semacam itu bisa terjadi. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan