5 Fakta Terumbu Karang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - Tugujatim.id

5 Fakta Terumbu Karang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

  • Bagikan
Ilustrasi terumbu karang. (Foto: Pixabay) fakta terumbu karang tugu jatim
Ilustrasi terumbu karang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Ada biota laut yang bernama ‘terumbu karang’. Perannya amat besar sekali di lautan. Selain bentuk dan kerlap-kerlipnya yang indah dan bisa menghiasi kedalaman laut, ternyata terumbu karang juga bisa menyerap karbon yang ada di lautan.

Terumbu karang juga bisa meredam arus laut, sehingga mengurangi abrasi pada pantai atau pesisir. Indonesia sendiri dikenal dengan negara maritim terbesar dengan julukan ‘mega marine biodiversity’ di dunia. Tidak main-main, jumlah sepertiga biota laut ini ada di Indonesia.

Tugu Jatim sudah merangkum 5 fakta menarik tentang terumbu karang. Apa saja?

1. Memiliki Ekosistem yang Total Luasnya 25.000 Kilometer Persegi dari Seluruh Lautan di Dunia

Ternyata terumbu karang merupakan penghuni terbesar wilayah lautan. Biota laut itu dianggap sebagai ‘pohonnya lautan’ yang menempati wilayah lautan seluas 25.000 kilometer persegi dari keseluruhan wilayah lautan yang ada di dunia. Dari jumlah itu, pemerintah Republik Indonesia sempat menghitung bahwa 37 persen di antaranya berkategori baik, 29,9 persen dalam keadaan sangat baik. Namun masih perlu penanganan dan pelestarian terumbu karang, mengingat ada beberapa wilayah yang sempat menjadi lokasi pemakaian bom pukat harimau dan perburuan ikan yang menyebabkan rusaknya terumbu karang.

2. Julukan ‘Amazon of the Ocean’ untuk Indonesia

Terumbu karang di Indonesia mempunyai julukan ‘Amazon of the Ocean’. Karena pemerintah Republik Indonesia sendiri melalui Kementrian Kelautan dan perikanan (KPP) sempat mengklaim bahwa 69 persen dari seluruh varietas terumbu karang di dunia, terdapat di Indonesia. Maka tidak berlebihan apabila Indonesia disebut dengan ‘Amazon of the Ocean’ oleh dunia.

3. Hanya Kalah dari ‘Great Barrier Reef Australia’

Dalam catatan Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) sebagai otoritas makro ekonomi, mengatakan bahwa terumbu karang aset negara terbesar dengan nilai mencapai 37 miliar USD atau setara dengan Rp 540 triliun pada 2030 mendatang. Mengenai valuasi itu hanya dapat disamai oleh terumbu karang yang ada di wilayah Great Barrier Reef Australia yang mempunyai aset ekonomi yang besar pula, mencapai 56 miliar USD setara dengan Rp 775 triliun. Ternyata terumbu karang juga berperan dalam perekonomian negara juga ya, gaes!

4. Terumbu Karang Penyerap Karbon Terbaik Dibanding Pohon

Terumbu karang merupakan biota laut yang bisa menyerap karbon! Bahkan jauh lebih baik dari pohon yang kita kenal sekarang. Terumbu karang diklaim mampu menyerap karbon dioksida 3 kali lebih baik ketimbang pohon. Mempunyai kemampuan fotosintesis lantaran juga beratribut zat hijau atau klorofil. Terumbu karang juga terdiri dari unsur binatang karang bernama Polip yang melakukan simbiosis mutualisme dengan tumbuhan alga, ganggang hijau yang kita kenal.

5. Target Konservasi Terumbu Karang Terus Meningkat!

Dalam siaran yang dipublikasikan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan, pada 2019 luasan kawasan konservasi atau pelestarian terumbu karang hingga 23,34 juta hektar setara dengan 7,18 persen dari total perairan di Indonesia. Menarik sekali! Untuk target pada 2030, luas kawasan pelestarian terumbu karang bakal mencapai 32,5 juta hektar atau setara 10 persen total perairan di Indonesia.

Itulah 5 fakta menarik mengenai terumbu karang yang mungkin belum kamu ketahui. Mana fakta yang paling menarik menurut kamu? Apakah sebelumnya kamu sudah tahu kalau terumbu karang dapat menyerap karbon 3 kali lebih baik dari pohon? Semoga informasi ini bermanfaat. Terus ikut aktivitas pelestarian satwa dan hayati di darat, laut dan udara. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan