5 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Lebaran Idul Fitri - Tugujatim.id

5 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Lebaran Idul Fitri

  • Bagikan
Bersih-bersih rumah merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan sebelum perayaan Lebaran Idul Fitri. (Foto: Pixabay)
Bersih-bersih rumah merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan sebelum perayaan Lebaran Idul Fitri. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Tak terasa, sebentar lagi Lebaran Idul Fitri telah tiba. Tentunya, banyak hal yang patut dipersiapkan dan dilakukan menjelang perayaan hari kemenangan tersebut. Nah, lalu apa saja kira-kira yang disiapkan? Apakah Anda sudah melakukannya?

Agar tidak ada yang terlewat, Tugu Jatim telah merangkum beberapa rekomendasi yang patut Anda siapkan jelang perayaan Lebaran Idul Fitri 1442 H yang besar kemungkinan bakal jatuh pada Kamis (13/5/2021) ini. Yuk, kita simak!

1. Bersih-bersih rumah untuk mempercantiknya

Tentu bukan hanya persiapan diri saja, rumah juga harus dibersihkan dan dihiasi dengan pernak pernik yang bisa membuatnya cantik. Mulai dari taplak meja dan tirai sudah berdebu harus segera dicuci. Jika sofa, meja, dan jendela lama tidak dilap, bersihkan mulai sekarang.

Salain itu juga, mengecat ulang dinding rumah agar terlihat lebih fresh saat lebaran itu juga bisa menjadi pilihan yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

2. Kue dan jajanan Lebaran

Nah ini tujuan para orang-orang datang selain bersilaturahmi untuk saling memaafkan, yaitu kue jajanan. Persiapan kue dan jajan Lebaran harus juga di-list dan dimulai sekarang.

Tentukan dengan selera keluarga yang akan berkunjung itu juga penting. Kamu bisa memilih dan survei kue mana yang berkualitas namun dijual dengan harga miring tentunya dengan rasa yang enak.

3. Belanja bahan-bahan makanan

Pas banyak keluarga berkumpul yang dari jauh, jelas memasak untuk mereka adalah kegiatan yang mengasyikkan. Kamu mau masak apa untuk membahagiakan mereka?

Sebelum lebaran datang, lekaslah kamu membeli bahan-bahannya dari sekarang, misalnya daging dan bumbu-bumbu karena biasanya, menjelang lebaran harga-harga bahan dapur jadi mahal dan susah didapat.

4. Belanja baju lebaran

Ini mungkin sudah ada di dalam daftar belanjamu yang pertama. Apalagi bagi yang memiliki anak banyak, jelas akan repot untuk urusan yang satu ini.

Belanja jauh-jauh hari sebelum lebaran juga sangat bagus, menghindari harga yang mahal dan masih banyak pilihan. Bisa juga sambil menunggu diskon.

5. Mencuci peralatan salat

Ini juga yang sering terlewatkan. Mencuci atau membersihkan peralatan salat yang akan dipakai saat salat Idul Fitri nantinya.

Tentu gak mau dong nampak jelek. Cucilah sajadah, mukenah, baju koko, dan sarung. Pastikan saat salat Id nanti keluargamu juga bersih dan wangi dengan peralatan salat yang dikenakan.

Jangan sampai kamu mempersiapkan mendadak. Akan lebih baik jika sudah mempersiapkan dari sekarang agar tak ada yang kurang saat lebaran datang nanti.

Nah Itu dia beberapa hal yang bisa mulai kamu persiapkan dari sekarang untuk menyambut Lebaran Idul Fitri. Kira-kira kamu sudah melakukan yang mana saja?

  • Bagikan