5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Ini Bikin Anda Semangat Menantikannya!

  • Bagikan
Ilustrasi berdoa di bulan Ramadhan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi berdoa di bulan Ramadhan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tak terasa bulan Ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi. Bulan ini adalah bulan suci di mana tiap umat muslim akan berpuasa selama sebulan. Selain itu, bulan ini dianggap sangat spesial karena ada banyak keistimewaan yang membedakan bulan suci ini dengan bulan-bulan lainnya, seperti adanya keberkahan yang bisa diraih setiap hari selama sebulan penuh. Karena itu, banyak umat muslim yang sangat menantikan datangnya bulan ini. Jadi, apa sajakah keistimewaan bulan Ramadhan? Yuk, simak penjelasan Tugu Jatim berikut:

1. Bulan Pengampunan Dosa

Seperti yang diisyaratkan dalam riwayat Bukhori dan Muslim bahwa barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. Jadi, semakin Anda bersungguh-sungguh saat berpuasa, tentu makin banyak dosa yang akan diampuni. Selain itu, barengi sikap tersebut dengan perasaan ikhlas dalam berpuasa.

BANNER DONASI

2. Bulan Dikabulkannya Doa

Tidak hanya mengampuni dosa, tapi bulan ini adalah bulan di mana doa-doa Anda dapat mudah terkabul karena di bulan ini tiap doa yang dipanjatkan akan diterima oleh Allah. Namun, tentu Anda harus berdoa dengan adab yang baik. Selain itu, Anda juga harus memanjatkan doa dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas. Waktu yang tepat untuk berdoa di bulan Ramadhan adalah saat sahur, saat berdoa buka puasa dan saat azan berkumandang.

3. Pahala Dilipatgandakan

Tidak hanya mendapat pahala lebih, tapi pahala amal perbuatan yang didapat bahkan bisa dilipatgandakan. Memang setiap perbuatan baik akan mendapat ganjaran pahala, tapi pada bulan istimewa ini, pahala yang didapat akan dilipatgandakan. Apalagi jika kita rutin mengerjakan banyak amalan dan juga amalan-amalan yang hanya ada di bulan Ramadhan seperti Tarawih dan zakat.

4. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan, ada kehadiran suatu malam yang sangat istimewa karena malam tersebut lebih baik dari 1.000 bulan. Malam tersebut disebut malam Lailatul Qadar. Malam yang sangat mulia ini terjadi pada malam ganjil di akhir bulan Ramadhan. Jadi, jangan lupa perbanyak ibadah dan menunaikan banyak amalan lain pada akhir Ramadan, ya.

5. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadgan juga dianggap sebagai bulan yang mulia karena di bulan ini Al-Quran diturunkan. Al-Quran adalah kitab suci umat muslim yang digunakan sebagai petunjuk untuk membimbing hidup manusia. Karena kitab ini berisi hal-hal untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, kitab ini juga berisi dasar ilmu pengetahuan, hukum, dan kisah di masa lalu.

Itu dia keistimewaan selama bulan Ramadhan. Bulan ini hanya terjadi sekali dalam setahun, jadi jangan sia-siakan, ya. Selain itu, jangan sampai lupa untuk mengganti utang puasa tahun lalu. Ayo, lunasi sekarang dan jangan tunda lagi. Siap menjalankan bulan Ramadhan?

  • Bagikan