5 Kuliner Khas Tuban yang Gurih-Gurih Pedas! - Tugujatim.id

5 Kuliner Khas Tuban yang Gurih-Gurih Pedas!

  • Bagikan
Ilustrasi makanan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi makanan. (Foto: Pexels)

TUBAN, Tugujatim.id – Bukan hanya dikenal karena tempat wisatanya saja, tapi beberapa kuliner khas Tuban, Jawa Timur, ini pun terbilang cukup melegenda dan unik. Tentu saja hal ini menjadi alasan masyarakat dan para wisatawan untuk menjajal makanan khas Tuban.

Apalagi di momen Lebaran, tentunya banyak kuliner yang menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sanak saudara, maupun teman. Berikut Tugu Jatim merangkum 5 makanan khas Tuban yang wajib Anda:

1. Kare Rajungan

Kare rajungan. (Foto:Disparbudpora Tuban/Tugu Jatim)
Kare rajungan. (Foto:Disparbudpora Tuban)

Kare rajungan banyak ditemukan di pesisir Tuban. Makanan yang satu ini mungkin terbilang sangat favorit. Sebab, momen Lebaran adanya ketupat atau nasi juga bisa dimakan dengan makanan ini. Rajungan sendiri adalah bintang laut yang bentuknya mirip kepiting.

Di Tuban, rajungan kerap diolah dengan menggunakan bumbu kare khas. Karena itu, wajar apabila bumbu kare rajungan meresap sempurna dan tidak amis. Selain itu, berpadu dengan warna yang mengiurkan serta citra rasa yang khas tentu siap mengoyang lidah penikmatnya.

2. Becek dan Sate Menthok

Becek. (Foto:Disparbudpora Tuban/Tugu Jatim)
Becek. (Foto:Disparbudpora Tuban)

Becek dan sate menthok sama seperti namanya, berbahan menthok atau itik. Kedua makanan ini tak kalah menggiurkan. Becek menthok ini cara memasaknya tidaklah sulit. Daging menthok yang sudah dibersihkan dan dipotong akan diungkep bersama bumbu-bumbu dan rempah yang cukup banyak. Ditambahkan pula santan kental supaya mendapatkan kuah “becek” yang gurih. Anda dapat menjumpai hidangan bercita rasa gurih di sejumlah warung makan tradisional khas Tuban.

Sate menthok. (Foto:Disparbudpora Tuban/Tugu Jatim)
Sate menthok. (Foto:Disparbudpora Tuban)

Sedangkan untuk sate menthok sendiri sama dengan sate pada umumnya, tapi dengan tekstur daging yang unik, membuat rasanya semakin lezat. Sate menthok diolah dengan menggunakan racikan bumbu khas Tuban. Bumbu-bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, dan air jeruk lemon.

3. Belut Pedas

Belut pedas. (Foto:Disparbudpora Tuban/Tugu Jatim)
Belut pedas. (Foto:Disparbudpora Tuban)

Belut pedas merupakan makanan khas Tuban yang wajib Anda coba. Apalagi kalau Anda menyukai makanan pedas. Tentu wajib hukumnya untuk menikmatinya.

Tak banyak orang menganggap makanan ini agak aneh karena menyerupai ular, tapi hidangan ini memiliki kandungan gizi tinggi. Kalau rasa jangan ditanya lagi, tentu lezat karena kaya rempah.

4. Ampo

Ampo. (Foto:Disparbudpora Tuban/Tugu Jatim)
Ampo. (Foto:Disparbudpora Tuban)

Selain makanan seperti yang di atas, Tuban juga memiliki cemilan yang melegenda turun temurun, yaitu ampo. Cemilan yang terbuat dari tanah liat ini sudah ada sejak dulu. Makanan ampo ini biasanya disajikan sebagai camilan pendamping kopi dan teh. Kalau berkunjung ke Tuban, jangan lupa untuk mencobanya. Sebab, camilan ini tidak ada di kota lain dan cocok sekali dibuat oleh-oleh.

5. Dumbek

Dumbek. (Foto:Disparbudpora Tuban/Tugu Jatim)
Dumbek. (Foto:Disparbudpora Tuban)

Ada makanan lain selain ampo yang tak kalah menggiurkan untuk dicicipi, yaitu dumbek. Dumbek adalah makanan khas Tuban yang terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, santan, parutan kelapa, dan garam.

Secara bentuk, dumpek lebih mirip dengan terompet. Jajanan bercita rasa manis dan gurih ini banyak dijual di pasar tradisional dengan harga terjangkau.

 

  • Bagikan