5 Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Dehidrasi, Apa Saja?

  • Bagikan
Air kelapa, salah satu jenis minuman yang baik untuk mengatasi dehidrasi dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. (Foto: Pixabay)
Air kelapa, salah satu jenis minuman yang baik untuk mengatasi dehidrasi dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana seseorang kehilangan banyak cairan. Banyaknya cairan tubuh yang keluar ini dapat membahayakan bagi kesehatan. Dehidrasi biasanya disebabkan karena seseorang sedang sakit. Namun, bisa juga dehidrasi dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi hawa panas, aktivitas berlebihan, konsumsi cairan tidak mencukupi, keringat berlebihan, atau efek samping dari penggunaan obat. Ciri-ciri dehidrasi yaitu bibir yang mengering, mudah mengantuk, tenggorokan kering, dan warna urine yang lebih pekat.

Lalu, kenapa dehidrasi harus dicegah? Sebab, sebagian tubuh manusia adalah air. Selain itu, dehidrasi juga dapat membuat volume plasma darah yang mengandung protein menurun. Dampaknya, tekanan darah orang yang kurang minum air putih juga bisa ikut turun dan menyebabkan imun tubuh ikut menurun.

Jika kamu sudah terlanjur dehidrasi parah kamu bisa konsumsi makanan dan minuman ini untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena dehidrasi dapat diatasi oleh beberapa makanan dan minuman. Dilansir dari Heathline makanan dan minuman ini bisa kamu konsumsi saat kamu terlanjur dehidrasi, apa aja ya? yuk simak!

1. Air Kelapa

Kenapa air kelapa? Kandungan dari air kelapa terdapat elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga jantung tetap berdetak dengan teratur.

Air kelapa dapat memberikan air yang sangat diperlukan dan menyediakan elektrolit dan beberapa karbon. Ini sangat penting jika kamu dehidrasi dan tidak mampu menjaga banyak lagi cairan dalam tubuh. Ini juga dapat membantu mencegah kram otot.

2. Semangka dan Melon

Buah dan sayuran memiliki tekanan air yang tinggi dan dapat menjadi pilihan yang tepat saat kamu mengalami dehidrasi. Karena buah seperti semangka dan melon memiliki kadar air yang sangat tinggi.

Menyimpan semangka dan melon di dalam kulkas bisa lebih membantu jika dehidrasi disebabkan oleh panas dan memberikan sensasi dingin dan segar. kamu mungkin juga bisa membekukan melon seperti es dan mengisapnya jika kamu mengalami haus.

3. Smoothies

Smoothies adalah adalah minuman yang dibuat dari buah atau sayuran mentah yang dihaluskan, menggunakan blender atau bisa juga kita sebut jus buah. Smoothies biasanya ditambah dengan susu, yogurt, es krim, atau keju cottage. Meminum smoothies adalah cara yang dapat kamu lakukan saat kehilangan lebih banyak cairan.

Jika perutmu sensitif, cobalah menambahkan jahe atau mint ke campuran minumanmu. Studi telah menunjukkan smoothies yang berasal dari buah dan sayur dapat membantu menghindari nafas dan mengurangi dehidrasi. Kamu juga dapat menambahkan es untuk membuat smoothiemu ekstra dingin.

4. Susu

Segelas susu menghasilkan banyak cairan serta protein, karbon, dan beberapa lemak. Susu adalah pilihan yang baik untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung banyak elektrolit. Kandungan dalam segelas susu yaitu; Air: 218 ml (89% volumenya), protein: 8 gram, calcium: 24%, potassium: 8%, magnesio: 7%, dan sodium yang dapat membantu tubuh dalam keadaan kekurangan cairan.

Sebuah percobaan pada 72 pria dewasa menemukan bahwa susu lebih hidrating daripada air 3-4 jam setelah konsumsi. Hal itu dikarenakan nutrisi tambahan dalam susu, seperti lactose, sodia dan potassium, membantu tubuh memperlambat kecepatan menyerap cairan yang dikeluarkan dalam urin.

5. Sup Tomat dan Sayuran

Bahan utamanya adalah tomat yang paling tinggi memiliki kadar air 94%, tomat mentah menghasilkan 9% untuk potasium dan hanya 33 kalori dalam setiap cangkir (180 gram) porsi. Mendapatkan cukup potassium penting untuk mengendalikan tekanan darah dan menjaga penyakit jantung.

Untuk membuatnya kamu dapat mencampur tomat mentah dengan sayuran kemudian tambahkan minyak zaitun, bawang putih, dan sedikit garam dan merica.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan dehidrasi, termasuk: demam, muntah, diare, obat tertentu, seperti diuretik, yang dapat menyebabkan buang air kecil. Apakah dehidrasi bisa dicegah? tentu saja bisa, untuk mencegah dehidrasi, pastikan minum air yang cukup, makan makanan kaya air, dan mengawasi warna urin yang bervariasi mulai dari kuning ringan, seperti limun, sampai amber pucat. Urin yang gelap menandakan dehidrasi kekurangan cairan. Menghindari alkohol, kafein, soda, atau minuman manis gula dapat mengurangi resiko dehidrasi.

Ingat ya jangan menyepelekan sesuatu hal kecil sebelum menjadi besar, dehidrasi juga dapat berakibat fatal loh! kalau kamu merasa sangat dehidrasi, segera hubungi bantuan medis karena Dehidrasi parah termasuk dalam keadaan darurat medis. Yuk saling menjaga kesehatan untuk diri sendiri!

  • Bagikan