5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Baik Dikonsumsi Penderita Hipertensi - Tugujatim.id

5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Baik Dikonsumsi Penderita Hipertensi

  • Bagikan
Ilustrasi makanan yang baik untuk penurun darah tinggi bagi penderita hipertensi. (Foto: Pixabay)/ tugu jatim
Ilustrasi makanan yang baik untuk penderita hipertensi. (foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Hipertensi adalah istilah medis dari penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan berbagai kompikasi kesehatan yang membahayakan nyawa sekaligus meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, bahkan kematian. Dilansir dari Healthline, selain obat-obatan, pola gaya hidup termasuk merubah pola makan juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut adalah 5 makanan terbaik untuk penurun darah tinggi.

1. Buah Jeruk

Buah jeruk termasuk jeruk bali, jeruk, dan lemon memiliki efek sebagai penurun tekanan darah yang kuat. Kandungannya kaya akan vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa minum jus jeruk dan jeruk bali dapat membantu mengurangi tekanan darah. Namun, jus jeruk bali dan jeruk bali dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, sehingga disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.

2. Wortel

Wortel merupakan makanan yang manis dan bergizi sebagai salah satu sayuran pokok yang dikonsumsi oleh banyak orang. Wortel mengandung senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantuk mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan sehingga membantu menurunkan tingkat tekanana darah.

Meskipun wortel dapat dinikmati dalam keadaan matang atau mentah, tetapi jika memakannya secara mentah dapat lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan bahwa asupan wortel secara mentah dan signifikan berhubungan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

3. Seledri

Seledri adalah sayuran yang memiliki efek positif pada tekanan darah. Hal ini dikarenakan seledri mengandung senyawa yang disebut dengan pthalides yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Penelitian yang sama mengaitkan asupan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah menemukan bahwa di antara sayuran matang yang biasa dikonsumsi, asupan seledri yang dimasak dapat menurunkan tekanan darah.

4. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan termasuk kesehatan sistem peredarah darah Anda. Brokoli mengandung antioksidan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi darah dan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. Sebuah studi dari 187.453 orang yang mengonsumsi 4 porsi atau lebih brokoli perminggu memiliki risiko lebih rendah tekena tekanan darah tinggi dibanding mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

5. Herbal dan rempah-rempah

Herbal dan rempah-rempah tertentu mengandung senyawa kuat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan membantu pembuluh darah menjadi rileks. Biji rempah yang terbukti memiliki potensi menurunkan tekanan darah, menurut hasil dari hewan dan penelitian manusia adalah biji seledri, ketumbar, kunyit, serai, jintan hitam, gingseng, kayu manis, dan jahe.

Jika Anda memiliki tingkat tekanan darah tinggi atau ingin menjaga tekanan darah, Anda dapat menambah beberapa makanan seperti contoh di atas. Selamat mencoba!

  • Bagikan