5 Rekomendasi Buku Menarik dari RM BTS

  • Bagikan
5 Rekomendasi Buku Menarik dari RM BTS
RM a.k.a Kim Nam Joon dari BTS beserta buku-buku yang ia rekomendasikan. (Foto: Dokumen Tugu Jatim)

The President of Army – seperti itulah penggemar grup popular asal Korea Selatan BTS ini memanggil RM a.k.a Kim Nam Joon selaku seorang leader. Menjadi satu-satunya anggota yang dikenal fasih menggunakan bahasa Inggris dan handal dalam menulis lagu, RM kerap kali mengungkapkan bahwa ia mendapat termotivasi dari buku yang dibacanya.

Baca Juga: Orang Kaya Punya Kesempatan Lebih Sukses? Apa Benar?

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sejumlah lagu dan video dari BTS juga diungkap terinspirasi dari buku-buku yang dibaca oleh RM. Dari pada penasaran apa aja bukunya, langsung saja simak kelima buku yang direkomendasikan sosok leader grup papan atas ini.

1. Metamorphosis karya Franz Kafka

Metamorphosis karya Franz Kafka
Metamorphosis karya Franz Kafka. (Foto: via Sindonews)

Buku ini merupakan salah satu karya tulisan populer dari Kafka. Metamorphosis menceritakan seorang pria bernama Gregor Samsa yang harus melewati sebuah transformasi aneh dalam hidupnya. Ia pun harus mengatasi setiap konsekuensi dari perubahan yang ada dalam hidupnya termasuk bagaimana hal ini telah mempengaruhi kondisi keluarganya.

2. Kafka on the Shore karya Haruki Murakami

Kafka on the Shore karya Haruki Murakami
Kafka on the Shore karya Haruki Murakami. (Foto: via Reddit)

Tidak heran jika RM menjadi salah satu penggemar karya salah satu penulis dunia Haruki Murakami ini. Buku ini menjadi salah satu ikon karya Murakami selain Norwegian Wood dan IQ84 yang tentu sudah dibaca oleh RM. Cerita dalam buku ini berisi tentang seorang remaja bernama Kafka yang melarikan diri dari rumah dan seorang lelaki tua bernama Satoru Nakata. Alur cerita pun berkembang dengan munculnya hubungan antara hidup Kafka dan Nakata.

3. The Ones Who Walk Away from Omelas karya Ursula K. Le Guin

The Ones Who Walk Away from Omelas karya Ursula K. Le Guin
The Ones Who Walk Away from Omelas karya Ursula K. Le Guin. (Foto: via Goodreads)

Buku ini adalah salah satu karya filosofis pendek dalam buku The Wind’s Twelve Quarters. Salah satu cerita inilah yang menginspirasi RM dalam prosesnya menulis lagu Spring Day yang menjadi salah satu lagu legendaris BTS. Buku ini memberikan gambaran sebuah paradox kegembiraan yang tergambar di Kota Omelas dengan cerita sesungguhnya dibalik kebahagiaan itu sendiri.

4. Please Look After Mom karya Shin Kyung-Sook

Please Look After Mom karya Shin Kyung-Sook
Please Look After Mom karya Shin Kyung-Sook. (Foto: Amazon)

Sebagaimana judulnya, buku ini mengambil kisah tentang pengorbanan seorang ibu. Keseluruhan cerita mengalir dalam payung hubungan keluarga, kisah ibu, dan rasa bersalah. Buku ini merupakan karya pertama Kyung-Sook yang terbit dalam bahasa Inggris. Melalui buku yang sukses menguras emosi para pembacanya ini, Kyung-Sook meraih penghargaan di the Man Asian Literary Prize.

 

5. Almond karya Sohn Won-Pyung

Almond karya Sohn Won-Pyung salah satu rekomendasi buku dari RM BTS
Almond karya Sohn Won-Pyung. (Foto: Gramedia)

Melalui salah satu program reality show terbaru BTS, RM terlihat tengah membaca buku ini. Ia juga mengungkapkan kemenarikan cerita yang dibawa dalam buku tentang seorang anak lelaki yang mengidap penyakit tidak biasa. Buku ini mengenalkan kepada pembaca tentang penyakit langka Alexithymia dimana pengidapnya tidak bisa merasakan emosi apapun pada dirinya. Diberi judul Almond karena bagian otak yang mengatur emosi bernama Amigdala yang berukuran sama seperti Almond. Menjalani hidup dengan label monster karena tak bisa merasakan apapun akan menjadi sebuah kisah haru dan penuh perjuangan bagi para pembaca dalam memahami karakter ini. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: sbs.com & bookriot.com

  • Bagikan