5 Rekomendasi Makanan Jangka Panjang yang Wajib Kamu Miliki saat Pandemi - Tugujatim.id

5 Rekomendasi Makanan Jangka Panjang yang Wajib Kamu Miliki saat Pandemi

  • Bagikan
Ilustrasi madu, merupakan makanan/minuman yang bisa disimpan secara jangka panjang dan cocok untuk dikonsumsi saat pandemi karena banyak mengandung khasiat. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi madu, merupakan makanan/minuman yang bisa disimpan secara jangka panjang dan cocok untuk dikonsumsi saat pandemi karena banyak mengandung khasiat. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Masa-masa pandemi dan PPKM Darurat yang harus diperpanjang hingga akhir Juli 2021 membuat masyarakat harus bersiap-siap tidak keluar rumah sampai berakhirnya PPKM Darurat ini. Tentu hal ini membuat kita harus serba efektif dalam melakukan manajemen makanan untuk mengurangi keluar rumah untuk berbelanja.

Oleh karena itu, Tugu Jatim membuat daftar 5 rekomendasi makanan jangka panjang yang wajib ada di lemari es kita.

1. Madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan makanan paling menyehatkan, pasalnya madu merupakan sumber gizi seperti vitamin C, vitamin B16, hingga vitamin D yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Madu murni juga dikenal sebagai bahan makanan yang bertahan sangat lama untuk disimpan antara 2-5 tahun. Selepas masa itu, sebenarnya madu tidaklah membusuk, hanya saja warnanya akan berubah kehitaman karena kandungan gulanya mengkristal. Hanya saja perlu dilakukan penyimpanan yang tepat seperti di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Kacang

Kacang juga merupakan bahan yang sangat baik untuk disimpan dalam jangka panjang. Kacang yang belum dikupas, bisa bertahan sekitar 2 minggu hingga benar-benar membusuk. Kacang juga memiliki sumber protein yang baik bagi tubuh, protein ini sendiri baik untuk mempercepat regenerasi tubuh.

3. Apel

Apel, makanan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan olahan mulai dari pie hingga jus ini ternyata juga bisa bertahan lama. Jika disimpan di tempat yang sejuk, buah ini hisa bertahan hingga 6 bulan. Apel ternyata juga mengandung kalsium, magnesium, hingga vitamin C untuk membantu memperkuat kekebalan tubuh.

4. Kentang

Kentang juga merupakan bahan makanan yang bisa disimpan selama 5 minggu jika disimpan di tempat yang gelap, sejuk, dan kering. Kentang akan bertunas jika disimpan di tempat yang langsung terpapar matahari, sehingga tidak bisa dikonsumsi lagi.

Kentang sendiri memiliki banyak serat dan karbohidrat sebagai bahan makanan, sehingga tubuh lebih cepat kenyang daripada mengkonsumsi beras atau nasi.

5. Cokelat

Cokelat memang menjadi makanan favorit hampir setiap umat manusia di bumi. Cokelat hitam bahkan bisa disimpulkan antara 5-6 minggu asal disimpan di tempat sejuk dan tidak terkena matahari seperti lemari es. Sebenarnya, cokelat bisa disimpan lebih lama seandainya tidak mengandung susu yang mudah membusuk.

Cokelat sendiri ternyata mengandung banyak gizi seperti serat, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, hingga magnesium.

  • Bagikan