5 Rempah Pengganti Cabai! - Tugujatim.id

5 Rempah Pengganti Cabai!

  • Bagikan
rempah. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi rempah. (Foto: Pexels)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Melambungnya harga cabai di pasaran pada hari-hari besar seperti hari raya keagamaan hingga akhir tahun memang sudah menjadi langganan. Bahkan pada akhir tahun ini, harga cabai di pasaran mencapai Rp 90 ribu-Rp 100 ribu per kilo. Bagi Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk membeli rempah tersebut. Namun bagi sebagian orang yang menyukai masakan pedas, meninggalkan cabai adalah sesuatu yang mustahil. Lalu rempah apa sih yang bisa menggantikan cabai?

Tahukah kamu? Selain cabai, ada bahan makanan atau bumbu yang menimbulkan rasa pedas. Meski rasa yang dihasilkan tidak 100 persen mirip cabai, tapi tetap memberi rasa pedas serta panas di lidah.

1. Lada

Lada menjadi salah satu rempah yang mudah didapat di berbagai daerah Indonesia, seperti Kepulauan Bangka-Belitung adalah salah satu penghasil lada terbesar di dunia. Dari daerah ini terkenal lada dengan kualitas nomor satu yang pedas dan aromanya kuat, sehingga sangat cocok untuk menggantikan cabai pada hidangan makanan. Bahan makanan ini sering digunakan untuk menambah cita rasa sup, pasta, nasi goreng, dan hidangan-hidangan lainnya.

2. Jahe

Orang zaman dulu banyak yang menggunakan jahe untuk menambah rasa pedas pada makanan. Tak heran, hingga saat ini makanan Indonesia banyak mengandung jahe. Rempah satu ini juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan, senyawa zingeron yang ada di dalamnya mampu menghangatkan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Andaliman

Andaliman atau Sechuan Pepper atau lada batak atau merica batak adalah rempah pengganti cabai yang berasal dari kulit pohon Zanthoxylum. Rasa pedas dari andaliman terbilang khas karena ada rasa getir. Selain itu, andaliman juga memberi efek kebas pada lidah. Rasa yang dihasilkan tersebut karena andamalin mengandung senyawa hydroxy-alpha-sanshool. Andaliman cocok dicampur dengan air jeruk nipis, menimbulkan aroma harum yang semerbak.

4. Bumbu Cajun

Rempah ini sudah lama terkenal sebagai bumbu masak atau baluran untuk menambah pedas. Dibuat dari campuran paprika, bawang putih bubuk, bawang bubuk, merica hitam, cayenne, oregano dan thyme. Selain rasanya yang pedas, bumbu Cajun juga memiliki aroma yang wangi.

5. Paprika

Buah ini sering digunakan untuk pengganti cabai pada masakan, namun tidak sepedas bahan-bahan sebelumnya, paprika memiliki rasa pedas dengan sedikit perpaduan manis.

  • Bagikan