5 Situs Penyedia Kursus Digital Marketing Gratis - Tugujatim.id

5 Situs Penyedia Kursus Digital Marketing Gratis

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sedang belajar terkait digital marketing yang banyak tersedia gratis di beragam platform online. (Foto: Pexels) tugu jatim
Ilustrasi seseorang sedang belajar terkait digital marketing yang banyak tersedia gratis di beragam platform online. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Salah satu bidang yang dapat menunjang karir saat ini adalah digital marketing. Bidang yang satu ini sangat mumpuni, mengingat perkembangan industri digital yang begitu pesat termasuk pemasaran yang juga didasari oleh bentuk digital.

Begitu banyak platform yang menyediakan kursus online digital marketing dan dapat diakses hingga ke seluruh penjuru dunia. Namun, tidak sedikit juga yang mematok biaya tinggi. Untuk kamu yang tertarik seputar hal tersebut, simak rekomendasi kursus online digital marketing berikut ini, yuk!

1. Google Digital Garage

Google menyediakan platform kursus online gratis yang dikenal dengan Digital Garage. Pada kursus yang bisa diakses di sini, kamu dapat mempelajari bidang digital marketing dan bisa mendapatkan sertifikat. Modul yang akan dipelajari seperti advertising, strategi promosi, penjualan produk hingga web traffic. Untuk mendapatkan sertifikat, kamu perlu menyelesaikan materi video dan lulus tes akhir.

2. Facebook Blueprint

Salah satu perusahaan raksasa media sosial ini menghadirkan kelas digital marketing yang fokus pada platform, yang disebut Facebook Blueprint. Kelas ini menawarkan tutorial produk-produk Facebook, seperti Facebook Ads, Facebook Page dan Instagram Ads yang terhubung dengan Facebook. Untuk mendapatkan sertifikat, kamu harus menyelesaikan modul dan lulus ujian berdurasi 75 menit.

3. YouTube Creator Academy

YouTube telah menjadi platform video terbesar di dunia. Dilansir dari Digital 2021, 93,8 persen dari 170 juta pengguna internet di Indonesia memiliki akun YouTube. Sampai saat ini YouTube berani memberikan gaji yang tinggi kepada content creator-nya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mulai membuat channel-nya sendiri.

Youtube membuka program kelas online bagi para kreator pemula, yang dikenal dengan YouTube Creator Academy. Kelas digital marketing ini mempunyai beberapa topik, yaitu YouTube analytics, cara membuat konten menarik, cara meningkatkan audiens hingga cara mendapatkan uang dari konten.

4. LinkedIn Online Course

LinkedIn menghadirkan layanan kursus online yang dapat diakses kapanpun yang disebut LinkedIn Course. Kursus ini mempunyai banyak topik, salah satunya adalah digital marketing yang secara lengkap membahas mengenai pemasaran di era teknologi masa kini. Meskipun ada beberapa kelas kursus yang berbayar, tetapi kamu tetap bisa memilih kelas kursus gratis lainnya untuk mendapatkan sertifikat.

5. HubSpot Academy

Seperti yang disebutkan pada laman resminya, HubSpot menawarkan kursus digital marketing online bersertifikat. Topik yang dipelajari seperti search engine, advertising, hingga strategi untuk meningkatkan audiens yang dibahas secara lengkap. HubSpot juga menyediakan workbook untuk pesertanya secara gratis. Pendaftaran kursus ini pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi nama lengkap dan alamat email.

Belajar Digital Marketing secara gratis bisa menjadi bekal untuk menunjang karirmu. Kamu bisa mencoba kursus online gratis yang telah disebutkan di atas kapanpun dan dimanapun. Jangan lupa untuk selalu menyimpan sertifikat sebagai tanda bukti penyelesaian kursus kamu, ya!

  • Bagikan