5 Tips Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran - Tugujatim.id

5 Tips Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

  • Bagikan
Mabuk perjalanan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi melakukan perjalanan jauh. (Foto: Pexels)

TUBAN, Tugujatim.id – Lebaran tahun 2022 ini menjadi momentum yang sangat ditunggu masyarakat Indonesia. Lantaran selama dua terakhir, pemerintah memberikan pembatasan kegiatan karena pandemi Covid-19. Beruntung pada Idul Fitri 1443 H ini, tradisi mudik Lebaran sudah boleh dilaksanakan. Tapi, hati-hati di jalan ketika melakukan perjalanan ya! Sebab, Anda bisa mengalami mabuk perjalanan. Gimana ya cara mengatasinya?

Tak mengenakan jika momentum mudik Lebaran, Anda terkendala mabuk perjalanan saat pulang kampung. Meski tidak membahayakan, kondisi ini tentu mengganggu kenyamanan perjalanan Anda.

Untuk diketahui, mabuk perjalanan adalah kondisi ketika seseorang merasa tidak nyaman saat melakukan perjalanan, baik menggunakan mobil, bus, pesawat, kereta api, atau kapal. Hal ini bisa dialami semua orang, baik anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, maupun lansia.

Untuk mengatasinya, Tugu Jatim punya beberapa tipsnya!

1. Konsumsi Teh, Jahe, hingga Permen Mint

Mengonsumsi teh atau air seduhan jahe atau permen mint disebut bisa membantu mencegah dan meredakan gejala mual dan muntah akibat mabuk di jalan. Selain itu, rasa dan aroma jahe atau daun mint dianggap dapat menenangkan tubuh.

2. Istirahat Cukup

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya merebahkan tubuh dulu untuk beristirahat, baik sebelum berangkat maupun saat sedang perjalanan. Terlebih lagi saat menggunakan kendaraan pribadi, beristirahatlah setelah perjalanan 4-5 jam.

3. Ubah Posisi Tubuh

Mabuk di jalan bisa lebih parah atau mudah kambuh ketika Anda duduk menghadap ke belakang atau samping. Karena itu, cobalah ubah posisi duduk untuk menghadap ke depan. Hal ini mungkin bisa membantu mengurangi gejala mabuk yang Anda rasakan.

4. Hirup Minyak Angin atau Aromaterapi

Aromaterapi juga bisa membantu mengurangi rasa mual dan tidak nyaman karena mabuk perjalanan. Aroma tersebut bisa didapatkan dari minyak esensial tertentu agar lebih nyaman, pilihlah aroma yang disukai.

5. Minum Obat Mabuk Perjalanan

Jika beberapa cara di atas telah dilakukan, tapi kondisi mabuk di jalan yang dialami belum juga mereda. Pilihan terakhir yakni dengan minum obat seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Agar bekerja dengan maksimal, obatnya harus diminum sebelum Anda bepergian, ya!

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan