5 Tips Jitu Lolos Interview Magang atau Kerja

5 Tips Jitu Lolos Interview Magang atau Kerja

  • Bagikan
Ilustrasi suasana interview oleh pelamar magang atau pekerjaan/tugu jatim
Ilustrasi suasana interview oleh pelamar magang atau pekerjaan. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Bagi sebagian orang interview merupakan hal yang menakutkan. Bagaimana tidak? Sesi ini merupakan tahapan yang harus ditempuh oleh para pelamar dalam menemukan kariernya di masa depan. Eits, tapi jangan khawatir. Di artikel ini akan disuguhkan buat kalian para pelamar agar dapat menghadapi tahap wawancara dengan baik dan lancar. Berikut tips jitu lolos interview magang atau kerja.

1. Tampil Percaya Diri dan Selalu Senyum

Para pelamar sering kali belum memahami pentingnya first impression atau kesan pertama ketika melakukan interview. Meskipun sepele, kesan pertama ini dapat membentuk reputasi kalian didepan para interviewer lho. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu percaya diri dan tersenyum agar memberikan kesan bahwa kalian sangat tertarik dengan perusahaan dan posisi yang kalian lamar.

2. Komunikatif

Menjawab sangat singkat seperti “ya” atau “tidak” tanpa menyertai dengan jawaban pelengkap sangat tidak disarankan ketika menjawab pertanyaan dari interviewer. Sampaikan penjelasan mengapa kalian memilih jawaban tersebut dengan kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele.

3. Tunjukkan Keahlian dan Pencapaianmu

Bagaimana cara membuat interviewer terkesan? Salah satunya yaitu dengan menunjukkan beberapa keahlian dan pencapaian yang kalian miliki. Terlebih jika keahlian dan pencapaian tersebut related dengan posisi yang kalian lamar. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan interviewer apakah mereka dapat mengandalkan kalian. Maka dari itu, mulai dari sekarang kalian bisa membangun personal branding yang baik dan menarik.

4. Pahami Perusahaan yang Kamu Lamar

Sangat penting bagi pelamar untuk melakukan riset terhadap perusahaan dan bidang yang dilamar. Kalian bisa melakukan riset melalui website atau media sosial dari perusahaan tersebut. Beberapa interviewer akan memberikan pertanyaan tersebut untuk mengetahui seberapa jauh pelamar mengetahui perusahaan dan posisi yang dilamar. So, mulai dari sekarang kalian bisa nih nge-stalk perusahaan yang kalian inginkan. Jangan nge-stalk doi terus, hihi.

5. Terapkan Tiga Kata Ajaib

Maaf, tolong, dan terima kasih. Kata-kata tersebut terlihat sederhana, namun memiliki makna yang luar biasa. Dengan mengucapkan kata-kata tersebut selama proses interview, para interviewer akan merasa bahwa dirinya dihargai. Sehingga dapat menambah poin plus pada diri kalian dimata interviewer.

Itu dia tips lolos interview magang maupun kerja. Dengan menerapkan tips tersebut maka kalian bisa menghadapi interviewer dengan lebih santai dan percaya diri. Yang paling utama, jangan mudah menyerah dan selalu tingkatkan kualitas diri kalian. Jangan lupa diterapkan, ya. Semoga berhasil.

  • Bagikan