7 Tips dapat Teman saat Kuliah Online

7 Tips dapat Teman saat Kuliah Online

  • Bagikan
Ilustrasi percakapan antar teman saat kuliah/tugu jatim
Ilustrasi percakapan antar teman saat kuliah. (Foto : Unsplash)

Tugujatim.id – Siapa yang tidak sedih dengan pandemi yang entah kapan berakhirnya? Apalagi buat mahasiswa baru yang belum pernah ke kampusnya sendiri. Mereka harus usaha ekstra buat dapat teman baru. Tidak bisa dipungkiri, berteman secara virual tidak semenyenangkan bila berteman langsung.

Kita butuh mental yang kuat supaya tidak canggung saat memulai percakapan dengan teman baru. Nah, kali ini ada 7 tips ampuh yang bisa bikin pertemuan virtual pertama kalian dengan teman baru jadi momen tak terlupakan.

1. Jangan Ragu untuk Mulai Duluan

Setiap orang asing datang karena suatu kesempatan. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Katakan saja kalimat sapaan pertama, kumpulkan energi positif, berikan senyum terbaik, dan katakan hai!. Jika dilakukan berarti pertemanan itu sudah dimulai.

2. Hindari Basa-Basi

Kalian hanya punya sedikit waktu, jadi pastikan percakapan kalian tak terlupakan. Cobalah bertanya hal-hal yang personal, seperti nama yang menarik. Bisa bertanya “kok bisa orang tuamu kepikiran memberikan nama sebagus itu. Ada ceritanya nggak?” atau “Kamu tinggal di mana? Sama nggak seperti tempat kelahiranmu dulu?” Jadi jangan takut. Kalian pasti akan terkejut dengan reaksi lawan bicara kalian yang mau banget sharing.

3. Temukan “eh, aku juga”

Saat memulai percakapan dengan teman baru kalian cobalah cari kemungkinan kesamaan di antara kalian berdua. Cirinya biasanya dinyatakan dengan ungkapan “eh, aku juga.” Kalau udah ketemu, dijamin deh percakapan kalian bakalan ngalir karena tiba-tiba aja kalian berdua jadi berada di trek yang sama!

4. Beri Pujian yang Unik

Seseorang akan melupakan apa yang kamu lakukan dan yang kamu katakan, tapi percaya deh, mereka tidak akan pernah melupakan bagaimana kamu memperlakukan mereka. Jadi, berikan pujian yang berbeda, seperti “lihat warna baju kamu tuh bikin mood banget deh, kayak cocok banget gitu sama auramu yang cerah, seger aja bawaannya,” dst.

5. Tanyakan Pendapatnya

Semua orang punya pendapat dan ingin didengar. Jadi, menanyakan pendapat adalah cara yang menarik untuk dilakukan. Tanyakan pendapatnya mengenai hal-hal ringan (jangan tanyain sesuatu yang kemungkinan dia nggak tau ya), dan berikan validasi terhadap pendapatnya. Oh iya, jangan mendengar buat menjawab ya, dengarkan untuk memahami.

6. Fokus

Meskipun pertemuan kalian virtual, tetapi hadirlah dalam percakapan kalian. Jangan lupakan eye-contact, perlihatkan bahwa kalian benar-benar senang ngobrol sama dia.

7. Ingatlah Hal-Hal Kecil

Ini dia tips terakhir yang nggak kalah ampuh. Ingatlah detail cerita mereka saat kamu merespon ceritanya, seperti “eh, terus jadinya si Belang kamu rawat sendiri apa dibawa ke dokter hewan?”. Percaya deh, dengan begitu, lawan bicaramu jadi merasa bertanggung jawab untuk menjaga percakapan kalian tetap berlanjut.

Itu tadi 7 tips berbicara dengan teman secara virtual. Meskipun pertemuannya maya, tapi kehangatannya bisa dirasakan secara nyata lho. Gimana, berani coba? Jangan takut ya! Karena percakapan itu seperti membaca buku, kamu bisa baca halaman berapapun dan selama yang kamu mau. Dan setiap orang adalah buku yang keren dan menarik untuk dibaca.

  • Bagikan