5 Tips Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

  • Bagikan
Ilustrasi Berpikir Kritis/tugu jatim
Ilustrasi Berpikir Kritis. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.idBerpikir kritis atau yang dikenal dengan critical thinking adalah kemampuan berpikir secara rasional dan objektif dalam memahami suatu hal, fakta atau kejadian. Berpikir kritis merupakan salah satu softskill yang penting dimiliki oleh semua orang, tak hanya mereka yang berkecimpung dalam pendidikan maupun pekerjaan.

Dengan berpikir kritis, kalian dapat dengan mudah mengerjakan suatu pekerjaan baik itu mudah maupun sulit. Serta dapat menemukan penyebab dan solusi dari permasalahan. Lalu bagaimana cara agar dapat berpikir kritis? Berikut beberpa tips yang bisa dicoba.

1. Terapkan Metode 5W+1H

Metode pertama ialah mempelajari apa yang terjadi di sekitar, baik itu pengetahuan di luar kuliah maupun di dalam kuliah dengan 5W+1H. Misalnya, bagaimana tanah dapat terbentuk, apa saja yang dapat dilakukan dengan tanah, atau mengapa bumi memiliki tanah. Dengan begitu kalian cukup terlihat kritis, bukan?

2. Banyak Membaca

Banyak baca akan memperbanyak pengetahuan mengenai dunia. Berbekal pengetahuan tersebut integrasikan melalui latihan berpikir setiap mendapat informasi. Sehingga dapat dikatakan semakin banyak pengetahuan semakin cerdas dan semakin kritis pula pikiran kita.

3. Berpikir Holistik

Cobalah untuk melihat suatu kejadian secara menyeluruh atau holistik dengan mempertimbangkan segala aspek. Dengan kata lain berpikir secara holistik adalah memandang suatu masalah tidak hanya dari satu sisi, melainkan dari berbagai sisi.

Contoh pengaplikasian berpikir holistik adalah ketika kalian menemui teman yang sangat malas untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Dengan berpikir holistik, kita tidak akan menyalahkan teman itu karena malas. Kita akan mencoba mempertimbangkan berbagai aspek. Bisa saja malas karena disebabkan faktor internal, seperti keluarga atau faktor lain yang tidak kita ketahui secara jelas.

4. Open Minded

Open minded yaitu memiliki keterbukaan pikiran dengan cara menerima pandangan orang lain dan terbuka pada hal-hal yang kalian rasa tidak sejalan dengan kalian. Bukan berarti kalian harus mengikuti jalan tersebut, tetapi kalian hanya perlu untuk menerima fakta bahwa jalan atau pandangan kalian berbeda dengan orang lain.

Cara ini sejalan dengan poin pertama, ketika kalian memiliki pikiran yang terbuka lalu integrasikan dengan 5W+1H dalam benak kalian. Misalnya kalian menyukai genre musik pop, sedangkan teman kalian menyukai rock. Maka kalian akan bertanya-tanya dalam diri “mengapa musik rock banyak digandrungi anak muda?” atau “apa yang menjadi daya tarik dari musik rock?” Secara tidak langsung akan melatih kalian untuk berpikir kritis.

5. Adakan Diskusi dengan Teman

Melakukan diskusi kecil-kecilan dengan teman akan membantu kalian dalam berpikir secara kritis. Melalui diskusi kalian akan mendengarkan berbagai opini yang akan disampaikan dari teman kalian dan dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, cobalah untuk membahas hal-hal yang sedikit berat, seperti politik, hukum, atau agama. Membahas sesuatu yang berat dan rumit akan membuat kalian berpikir lebih keras dan tentunya akan semakin mengasah kalian untuk berpikir kritis.

Itulah beberapa cara agar kalian dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis kalian. Dengan melatih berpikir kritis, kalian akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan dan mengatasi berbagai permasalahan baik dalam dunia pendidikan, pekerjaan, maupun kehidupan sehari-hari.

  • Bagikan