5 Trik Pencarian Google Andalan untuk Browsing Lebih Tepat

  • Bagikan
trik pencarian google
Ilustrasi Google. (Foto: Unsplash)

Hampir setiap hari kita mengunjungi Mbah yang satu ini. Salah satu mesin pencarian serba tahu ini memang hampir selalu bisa menjawab pertanyaan kita. Tahukah kamu bahwa pencarian Google juga memiliki beberapa trik yang akan sangat membantumu saat menggunakannya?

Berikut adalah ulasan beberapa trik andalan dari Mbah Google kita ini:

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Gunakan tanda petik (“”) untuk pencarian kata yang spesifik

Ketika kita ingin mencari tahu suatu informasi, Google dengan senang hati akan menampilkan apa saja yang berkaitan dengan kata kuncimu. Contohnya ketika kita mengetik Makanan Kucing Persia maka algoritma Google akan menampilkan konten yang mengandung tiga kata kunci tersebut, bukan sebagai satu kesatuan kata dalam makna utuh.

Baca Juga: Orang Kaya Punya Kesempatan Lebih Sukses? Apa Benar?

Disinilah kamu bisa menggunakan tanda petik dua untuk mengapit kata kunci yang kamu cari, sehingga Google akan mempersempit pencariannya. Jadi, ketika kamu mengetik “Makanan Kucing Persia” maka Google hanya akan menampilkan terkait jenis makanan kucing Persia saja bukan website yang menjual kucing Persia.

Ads Dinas Pendidikan Jatim
Ads.

2. Gunakan tanda pemisah (-) untuk menghindari kata kunci tertentu

Ada kalanya ketika kita ingin mencari informasi tentang kata yang bermakna ganda atau ambigu. Misalnya saja kata kunci Kijang bisa bermakna hewan dan merk mobil. Ketika kamu hanya mengetikkan Kijang di kolom pencarian, Google cenderung akan menampilkan hewan dan mobil bersamaan.

Oleh karena itu gunakan tanda (-) untuk mengeliminasi kata yang tidak diinginkan menjadi Kijang –mobil. Hal ini akan memberitahu Google untuk mencari informasi tentang Kijang dan menghindari hasil yang berkaitan dengan mobil.

3. Gunakan tanda bintang (*) untuk mencari kata kunci yang tidak diketahui

Sering kali terjadi ketika kita hendak mencari lagu dan hanya tahu liriknya. Ditambah lagi hanya potongan-potongan kata dari lirik itu yang kita ingat. Jika hal ini terjadi Google memberi kemudahan kepada penggunanya dengan menggunakan tanda bintang.

Misalnya kamu menulis “Come *right now* me”

Pencarian tersebut mungkin terlihat tidak bermakna, tapi kemungkinan besar Google akan menampilkan lirik lagu The Beatles – Come Together. Trik ini akan memungkinkan Google untuk mencari dalam lingkup frasa tersebut dan juga mencari kemungkinan-kemungkinan lain untuk kombinasinya.

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

4. Gunakan site: untuk mencari kata kunci tertentu di suatu website

Trik ini bisa digunakan ketika kamu ingin mencari kata kunci spesifik di website yang kamu inginkan. Kamu bisa menuliskannya dengan format,

Trik Google site:tugujatim.com

Google akan menampilkan seluruh konten tentang Trik Google namun hanya yang ada di website tugujatim.com. Konten lain akan dieliminasi jika bukan berasal dari website yang kamu sebutkan di pencarian.

5. Gunakan related: untuk mencari website sejenis

Ini adalah salah satu trik unik ketika kamu ingin mencari sejumlah website lain yang sejenis dengan website kesukaan atau langgananmu. Misalnya kamu merasa kurang puas dengan hasil yang ditampilkan di freepik.com maka kamu bisa menggunakan trik ini dengan format,

related:freepik.com

Jika kamu mengetikkan itu di kolom pencarian Google, maka ia akan menampilkan semua website yang serupa dengan Freepik seperti VectorStock, Stockio, dan Vectorportal. Dalam hal ini Google tidak akan menampilkan Freepik lagi dalam hasil pencarian. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: time.com & lifehack.org

  • Bagikan