6 Buah yang Cocok untuk Buka Puasa! - Tugujatim.id

6 Buah yang Cocok untuk Buka Puasa!

  • Bagikan
Ilustrasi buah. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi buah. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Buah merupakan salah satu makanan yang penting saat puasa Ramadhan. Buah diperkaya dengan kaya manfaat yang mampu mengembalikan kesegaran pada tubuh. Untuk itu, makanan satu ini cocok disantap saat berbuka puasa.

Selain itu, buah juga memiliki kandungan serat alami yang dapat melancarkan pencernaan. Karena itu, sempatkan untuk mengonsumsi buah secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi es buah yang segar. Nah, berikut buah yang cocok untuk Anda santap saat berbuka puasa menurut Tugu Jatim:

1. Kurma

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kurma adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk berbuka puasa. Rasa manis alami yang ada di dalam buah ini mampu mengembalikan energi pada tubuh. Selain itu, ada pula vitamin seperti B1, B2, B3, B5, dan C. Vitamin ini akan melindungi tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit dan organ tubuh terjaga kinerjanya.

2. Apel

Apel adalah buah yang rendah kalori (116 kalori) dan tinggi serat (5,4 gram) per buah (223 gram). Mengonsumsi buah-buahan rendah kalori seperti apel lebih mengenyangkan. Bahkan, mengonsumsi buah apel dapat menahan lapar seharian.

3. Pisang

Buah ini mengandung cukup banyak karbohidrat yang akan membuat Anda langsung kenyang, Kandungan vitamin A, C, dan B6 yang ada pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Jadi, tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

4. Melon

Selain semangka, melon juga memiliki banyak kandungan air dan rendah kalori. Melon kaya akan serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan lycopene. Mengonsumsi buah-buahan dengan kadar air yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Semangka

Puasa yang Anda jalankan akan membuat tubuh kekurangan cairan atau disebut dehidrasi. Bila tidak minum cukup air saat sahur, tubuh akan mengalami penurunan jumlah cairan dan mengakibatkan kepala pusing atau mungkin mual.

Untuk membuat tubuh kembali terhidrasi, buah untuk buka puasa yang cocok untuk berbuka puasa yaitu semangka. Buah ini mengandung 91% air di dalam daging buahnya.

Selain itu, daging buah ini juga mengandung likopen yang bekerja sebagai antioksidan dan mengandung citrulline serta arginine yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Alpukat

Kandungan lemak nabati dalam alpukat akan membuat energi dalam tubuh langsung meningkat sehingga sangat cocok untuk berbuka puasa. Anda bisa mengonsumsi dalam bentuk jus, smoothie, maupun langsung dimakan bersama susu cokelat.

  • Bagikan