6 Cara Membentuk Growth Mindset

6 Cara Membentuk Growth Mindset

  • Bagikan
Ilustrasi growth mindset.
Ilustrasi growth mindset. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Mudah menyerah untuk meraih sesuatu? Mungkin kamu butuh membentuk growth mindset. Growth mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa sesuatu dapat berkembang karena usaha dan kerja keras. Artinya sesuatu dapat diraih bukan hanya bermodalkan bakat dari lahir, tetapi dari usaha saat menjalani proses.

Jika growth mindset kamu sudah terbentuk dengan baik, yakin deh kamu akan menjadi orang yang terus berkembang. Kamu juga akan menghargai diri kamu sendiri karena telah berusaha, menghargai orang lain yang memberi pelajaran, juga menghargai hal-hal kecil yang terjadi ketika menjalani proses. Terus bagaimana cara membentuk growth mindset? Berikut 6 cara membentuk growth mindset.

1. Bergaul dengan Banyak Orang

Bergaul dengan bermacam-macam orang, dengan latar belakang yang berbeda akan membuat pikiranmu terbuka. Kamu akan belajar memahami berbagai sudut pandang, juga belajar mengenai karakter orang-orang. Dari pembelajaran tersebut, kamu bisa melihat pola pikir dan karakter seperti apa yang harus kamu gugu agar bisa menjadi orang yang terus tumbuh menjadi lebih baik.

2. Berani Mengambil Risiko

Jika tirai belum disibak, mana kita tahu apa yang ada di balik tirai. Oleh karena itu, perbesarlah rasa penasaranmu untuk berani mengambil risiko. Setiap sesuatu yang kamu ambil akan memiliki konsekuensinya masing-masing. Kamu diam atau bergerak, pasti akan menimbulkan akibat.

Maka, beranilah untuk mengambil risiko, karena barangkali di balik itu semua ada jawaban yang sering kamu pertanyakan. Mungkin kamu belum tentu berhasil ketika kamu bergerak, tetapi setidaknya kamu bisa belajar dari itu semua untuk menyusun strategi kembali.

3. Hargai Proses daripada Hasil

Hargailah proses yang sedang kamu jalani daripada berfokus pada hasil. Ketika ingin menggapai suatu hal, berfokus pada hasil akan membuatmu overthinking, bahkan lebih parah kamu bisa tergoda untuk menghalalkan segala cara demi mendapatkan apa yang kamu mau.

Maka, jalani saja proses yang sedang kamu jalani dengan baik, hargai proses tersebut, hargai orang-orang yang membantu, dan hargai setiap hal kecil yang memberi banyak pembelajaran kepadamu.

4. Berhenti Membandingkan Pencapaian Diri dan Orang Lain

Jangan pernah membandingkan pencapaianmu dengan orang lain. Setiap orang itu memiliki proses yang berbeda, melewati kesulitan yang berbeda, dan kamu tidak bisa membandingkan pencapainmu dengan orang lain.

Pada intinya, setiap individu manusia tidak bisa dibandingkan pencapaiannya, membandingkan pencapaian hanya akan membuatmu menjadi manusia yang kurang bersyukur. Hargai pencapaianmu sekecil apapun itu, sebab itu adalah hasil dari apa yang kamu usahakan.

5. Terbuka terhadap Masukan

Terbukalah terhadap berbagai masukan agar kamu bisa berkembang. Kata terbuka di sini bukan berarti kamu menerima semua masukan, tetapi kamu mau mendengar, memahami, dan menyeleksi masukan-masukan yang terbaik untukmu. Jika kamu terbuka terhadap masukan dari orang lain, kamu akan mudah berkembang menjadi lebih baik.

6. Selalu Ingin Belajar

Selalu ingin belajar adalah cara yang harus diterapkan agar kamu dapat membentuk growth mindset. Belajarlah dari apapun yang memberikanmu sebuah makna, sekecil apapun dia. Kamu juga harus berlajar dari setiap permasalahan yang hadir dalam prosesmu, dan jadikan hal itu alasan untuk kamu belajar lagi dan lagi hingga kamu bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

  • Bagikan