6 Cara Mengusir Nyamuk saat Datang Musim Hujan - Tugujatim.id

6 Cara Mengusir Nyamuk saat Datang Musim Hujan

  • Bagikan
Ilustrasi nyamuk wabah demam berdarah
Ilustrasi nyamuk penyebab wabah demam berdarah. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Musim hujan selalu identik dengan nyamuk yang berterbangan di sekitar kita, hal tersebut disebabkan banyaknya tempat yang lembab, sehingga mudah untuk nyamuk dalam berkembangbiak.

Kalau kamu membiarkannya begitu saja, bisa-bisa kamu dan keluargamu akan terserang penyakit demam berdarah ang ditularkan oleh nyamuk.

Untuk menghindarkan keluargamu dari gigitan nyamuk, ikuti 5 tips cara mengusir nyamuk berikut ini.

1. Bersihkan tanaman liar di sekitar rumah

Tanaman yang tak terawat sehingga menjadi lebat dijadikan nyamuk sebagai tempat tinggalnya. Tanpa kita sadari, banyaknya tanaman juga akan membuat genangan air di sekitarnya, yang biasa digunakan nyamuk untuk berkembangbiak. Pangkas dan siangi tanaman di saat musim hujan agar nyamuk tidak bersarang.

2. Hindari menumpuk barang dan menggantung pakaian

Musim hujan membuat kegiatan cuci mencuci terhambat, akibatnya pakaian sering tergantung. Sedangkan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia, sehingga tumpukan pakaian menjadi tempat favoritnya. Lebih baik melipat pakaian dan menyimpannya di tempat tertutup.

3. Letakkan kulit jeruk pada tempat tertentu

Nyamuk tidak menyukai aroma kulit jeruk. Untuk meminimalisir kawanan nyamuk, kamu bisa meletakkan beberapa kulit jeruk kering di tempat-tempat tertentu yang menjadi sarang nyamuk. Tapi kamu harus menggantinya ketika kulit jeuk tak mengeluarkan aroma, agar ruanganmu tetap wangi dan fresh.

4. Letakkan serai

Selain kulit jeruk, yang terkenal ampuh dalam mengusir nyamuk adalah aroma serai yang khas dan tajam. Caranya, kamu bisa mencuci bersih serai lalu diletakkan dalam wadah terbuka.

Semakin kering serainya, maka akan semakin ampuh untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal. Kamu bisa meletakkannya di bawah kolong meja, di bawah tempat tidur, dan ditempat-tempat yang sekiranya banyak nyamuk.

5. Tutup lemari dan laci

Tempat-tempat yang gelap tentu menjadi spot yang menyenangkan bagi para nyamuk. Agar kamarmu aman dan tenteram dari serangan nyamuk, kamu perlu menutup pintu lemari, laci, jendela, dan kolong tempat tidur secara rapat agar nyamuk-nyamuk tidak bisa berkembangbiak di tempat-tempat tersebut.

6. Letakkan tanaman pengusir nyamuk

Kamu juga bisa meletakkan tanaman pengusir nyamuk lho! Seperti tanaman Zodia, Lavender dan Suren, selain untuk mempercantik ruangan, tanaman ini juga bisa membantu nyamuk datang ke ruanganmu.
Kamu bisa meletakkan tanaman-tanaman tersebut di bawah jendela bagian luar atau di dekat pintu masuk. Dijamin, nyamuk yang ingin masuk pasti akan putar balik lagi. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan