6 Kecamatan di Kabupaten Kediri Dinilai Rawan Bencana

  • Bagikan
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi menjelaskan bahwa 6 kecamatan di Kabupaten Kediri rawan bencana. (Foto: Noe/Tugu Jatim)
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi menjelaskan bahwa 6 kecamatan di Kabupaten Kediri rawan bencana. (Foto: Noe/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – Cuaca ekstrem sebulan terakhir membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri harus memutar otak. Pasalnya, ada beberapa desa dan kecamatan yang menjadi catatan sebagai daerah rawan bencana. Yakni, Kecamatan Tarokan, Mojo, Kandat, Grogol, Badas, dan Kunjang.

Keenam kecamatan ini mempunyai potensi bencana beragam. Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi apabila kerwananan bencana akibat dari hidrometrologi memang menjadi perhatian. Dikarenakan, sejak awal tahun ini ada beberapa kejadian yang berpotensi mengakibatkan bencana alam.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Dari kecamatan-kecamatan ini tidak sama potensinya,” kata Slamet kepada Tugu Jatim.

Seperti di Kecamatan Tarokan, terang Slamet, ada beberapa desa yang sangat rawan terendam banjir. Meskipun, sampai saat ini belum terjadi hanya saja Slamet mengakui area persawahan warga yang terdampak dari genangan air hujan.

“Di Tarokan ini ada tiga sungai yang bermuara ke Nganjuk, jadi beberapa desa di sana sudah kami beri sosialisasi,” imbuhnya.

Bahkan, setiap balai desa juga sudah disiapkan untuk menjadi tempat pengungsian apabila nanti terjadi banjir yang mengakibatkan rumah warga terendam air bah.

Tak hanya itu, untuk bencana tanah longsor, Slamet menilai Mojo mempunyai kerawanan tersebut. Setidaknya, ada empat desa yang dicatat BPBD Kabupaten Kediri di Kecamatan Mojo. Yakni, Petungroto, Jugo, Pamongan, dan Blimbing.

Slamet menerangkan bahwa ada kenaikan curah hujan sebesar 40 persen. Hal tersebut diketahuinya sejak awal tahun ini dari BMKG. Sehingga, potensi bencana yang diprediksi merupakan bencana dari hidrometeorologi. (noe/gg)

  • Bagikan