6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru Nusantara, Kalimantan Timur - Tugujatim.id

6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru Nusantara, Kalimantan Timur

  • Bagikan
Destinasi wisata. (Foto: IG @seasia.co/Tugu Jatim)
Ilustrasi desain ibu kota baru Indonesia. (Foto: IG @seasia.co)

Tugujatim.id – Kabar terbaru, pemerintah Indonesia mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN) baru yakni Nusantara. Lantaran ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan Timur, tepatnya di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara. Karena akan dipindahkan, kira-kira apa saja ya destinasi wisata yang ada di sana?

Untuk diketahui, pemindahan IKN rencananya akan dimulai pada awal 2024 telah memiliki dasar hukum berupa Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN) pada Selasa (18/01/2021).

Kalimantan Timur sebagai calon daerah ibu kota negara ternyata memiliki potensi destinasi wisata yang luar biasa dan cukup lengkap. Mulai dari wisata pulau, pantai, danau, bukit, gua, hutan, taman, air terjun, sungai, museum, hingga wisata budaya, dan kuliner. Beberapa objek wisata yang menarik dikunjungi di antaranya Pulau Kumala, Pulau Maratua, Pulau Biduk Biduk, Pantai Nipah-Nipah, Air Terjun Tembinus, Pantai Tanah Kuning, Pantai Bahari Karang, Sungai Kayan, Museum Mulawarman, Kedaton Kutai Kertanegara, Ekowisata Mangrove, dan masih banyak lagi.

Nah, Tugu Jatim ID akan merekomendasikan 6 destinasi wisata menarik di Kalimantan Timur, khususnya di daerah Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

1. Museum Mulawarman

Destinasi wisata. (Foto: IG @sandal_jepit27/Tugu Jatim)
Museum Mulawarman. (Foto: IG @sandal_jepit27)

Melansir dari Indonesia.go.id,  destinasi wisata Museum Mulawarman menyimpan kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah peninggalan Kerajaan Kutai Kertanegara. Mulai dari patung, perabotan kuno, kamar tidur dengan hiasan kain “doyo” tenunan tangan, dan perkakas dari zaman dinasti Ming, Qing, dan Yuan. Museum ini terletak di Jl Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Laman kaltimprov.go.id menyebutkan, salah satu keunikan Museum Mulawarman yaitu adanya duplikat Lembu Suana sebagai lambang Kerajaan Kutai Kertanegara dan kolam berbentuk naga yang diyakini sebagai lambang perjalanan hidup dan penjaga alam semesta. Keyakinan tersebut telah menjadi mitor masyarakat Kutai.

2. Pulau Kumala

Destinasi wisata. (Foto: IG @pulaukumala/Tugu Jatim)
Pulau Kumala. (Foto: IG @pulaukumala)

Destinasi wisata Pulau Kemala merupakan delta Sungai Mahakam yang membentang di sebelah barat Kota Tenggarong. Destinasi wisata alam yang berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Samarinda ini dilengkapi jembatan penyeberangan yang unik, taman bermain, kereta api mini, area permainan anak-anak, kereta gantung, dan penginapan. Melansir dari Indonesia.go.id, pulau ini menyediakan fasilitas umum berupa sky tower setinggi 100 meter yang akan memudahkan pengunjung menikmati keindahan kota dari ketinggian.

3. Bukit Bangkirai

Destinasi wisata. (Foto: IG @Askarinoalga/Tugu Jatim)
Canopy Bridge Bukit Bangkirai. (Foto: IG @Askarinoalga)

Mengutip dari getborneo.com,  destinasi wisata bukit Bangkirai dikenal sebagai wisata hutan hujan tropis yang asri dan memesona. Laman Indonesia.go.id menyebutkan, Bukit Bangkirai dihuni kurang lebih 2.800 jenis flora dan fauna yang didominasi jenis pohon Dipterocarpaceae, khususnya Shorea laevis (bangkirai), 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, 24 jenis anggrek termasuk anggrek hitam, 113 jenis burung dan masih banyak jenis mamalia serta serangga. Daya tarik utama tempat ini yaitu Canopy Bridge sepanjang 64 meter. Ya, jembatan gantung pertama di Indonesia dengan ketinggian 30-40 meter yang akan memberi sensasi luar biasa saat Anda mencobanya.

4. Danau Semayang

Destinasi wisata. (Foto: IG planter.forester/Tugu Jatim)
Keindahan Danau Semayang. (Foto: IG planter.forester)

Danau Semayang terletak di Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kertanegara. Danau seluas 13.000 hektare merupakan salah satu lingkungan lahan basah terbesar di Kalimantan dengan keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Di danau ini terdapat ikan Pesut (Orcela Fluminalis), yakni sejenis lumba-lumba air tawar yang unik. Tak hanya itu, Danau Semayang terkadang bergabung dengan Danau Melintang.

Melansir dari celebes.co, jika Sungai Mahakam surut, maka kedua danau ini akan menyatu menjadi danau baru. Sebaliknya, jika Sungai Mahakam pasang, Danau Semayang dan Danau Melintang akan terpisah kembali. Menarik bukan?

5. Pantai Nipah-Nipah

Destinasi wisata. (Foto: IG @wisata_kaltim/Tugu Jatim)
Pantai Nipah-Nipah. (Foto: IG @wisata_kaltim)

Terletak di Penajam Paser Utara, Kaltim, pantai yang dikenal dengan nama Pantai Sipakario ini memiliki hamparan pasir putih yang memesona. Di pantai ini, Anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan sunset yang eksotis. Selain itu, tempat ini cocok untuk berkemah, berjemur, berburu spot foto, berenang, bermain layang-layang, bahkan jogging.

6. Taman Bunga Rozeline

Destinasi wisata. (Foto: IG @Eyelightgirl/Tugu Jatim)
Jembatan Instagramable Taman Bunga Rozeline. (Foto: IG @Eyelightgirl)

Taman dibangun di dekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Taman bunga cantik ini dilengkapi gazebo untuk duduk santai menikmati suasana.

Selain itu, Taman Rozelin juga memiliki danau buatan dan jembatan kayu yang instagramable. Cocok sekali untuk dikunjungi anak-anak muda yang senang berfoto. Melansir dari headtopick, nama taman ini diambil dari nama Ibu Andi Roslina yaitu istri dari Andi Harahap Bupati Penajam Paser Utara tahun 2008-2013. Sehingga, taman ini juga untuk mengenang jasa-jasa Ibu Roslina.

  • Bagikan