7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Sambut Ramadan - Tugujatim.id

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Sambut Ramadan

  • Bagikan
Ilustrasi orang berbuka puasa saat bulan Ramadan. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi orang berbuka puasa saat bulan Ramadan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Tidak terasa Ramadan tahun ini sudah di depan mata. Ramadan merupakan bulan penuh rahmat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pada umumnya, umat muslim sangat antusias menyambut datangnya bulan Ramadan dengan mempersiapkan segala hal agar lebih bersemangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan nantinya. Untuk menyambut bulan yang suci ini dan juga menunaikan ibadah puasa secara maksimal, sudah sewajarnya memerlukan persiapan yang matang.

Nah bagaimana menyambut Ramadan versi kamu? Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk menyambutnya!

1. Perkuat Iman

Persiapan Ramadan yang paling dasar adalah mempersiapkan iman. Persiapan secara keimanan bisa Anda lakukan dengan mulai melatih pengendalian dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti memastikan salat lima waktu tidak bolong, memperbanyak sedekah, ataupun hal lain.

2. Perbanyak Ibadah Sunah

Jika di hari-hari biasa kita rutin melakukan ibadah wajib, bulan Ramadan menjadi kesempatan untuk menambah pahala dengan memperbanyak ibadah sunah. Mempersiapkan diri dengan memperbanyak ibadah sunah sebelum Ramadan akan melatih kebiasaan ini bahkan sampai kita telah meninggalkan bulan Ramahan. Memperbanyak ibadah sunah memberikan kesempatan untuk memperbaiki dan menambah pahala terhadap ibadah wajib yang kita lakukan.

3. Persiapan Fisik dan Jasmani untuk Puasa

Bulan Ramadan adalah bulan di mana kita sangat dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan mengumpulkan pahala. Ditambah dengan ibadah puasa, sudah pastinya memerlukan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Jika sampai kamu jatuh sakit, tentu ibadah nggak akan jadi maksimal.

Jaga kondisi fisik dan jasmani mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti bergadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Mulailah lebih rutin berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan.

Dengan mengonsumsi multivitamin, tubuh menjadi tahan banting memasuki bulan Ramadan dan tidak gampang sakit. Sehingga tak ada halangan untuk berpuasa hingga akhir.

4. Membayar Utang Puasa yang Lalu

Di bulan Ramadan yang lalu, sebagian orang pasti pernah meninggalkan puasa karena alasan tertentu terutama kaum perempuan. Sebelum memasuki bulan Ramadan, kamu perlu membayar utang puasa yang pernah kamu tinggalkan. Hal ini sangat penting, kamu harus segera membayarnya dengan cara berpuasa menjelang bulan Ramadhan kali ini.

5. Perdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama

Persiapan Bulan Ramadan selanjutnya adalah memperdalam ilmu dan pengetahuan mengenai agama. Pelajarilah mengenai hal-hal apa saja yang seharusnya dak tidak seharusnya dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadan. Pelajari juga mengenai tata cara ibadah yang baik dan benar.

Sebelum memasuki Ramadan, tidak ada salahnya jika Anda memperbanyak bacaan-bacaan mengenai agama dan lebih sering mengikuti forum-forum agama untuk memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan agar bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadan dengan lebih afdal.

6. Mempersiapkan Menu Sahur dan Berbuka

Banyak membaca resep masakan di buku dan situs internet dapat menambah referensi untuk menu sahur dan buka puasa di bulan Ramadan nanti. Kamu bebas berkreasi untuk menu makanan yang akan kamu masak, hal ini juga akan menambah kemampuan kamu dalam memasak dan tentunya akan memberikan semangat untuk menyambut bulan Ramadhan.

7. Persiapan Amal dan Materi

Memasuki bulan Ramadan, persiapan materi adalah persiapan menyambut Ramadan selanjutnya yang jangan boleh terlewatkan. Selain karena kebutuhan menjelang bulan Ramadan yang meningkat serta harga-harga barang yang melonjak, kalain tentu ingin meningkatkan amal dengan berzakat dan bersedekah di bulan Ramadan, bukan?

Mumpung masih memiliki waktu, mulailah kelola keuangan dengan hidup lebih hemat agar tabunganmu cukup untuk memenuhi kebutuhan dan juga amal di Bulan Ramadan. (Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan