7 Member BTS Mendapatkan Paspor Diplomatik

7 Member BTS Mendapatkan Paspor Diplomatik

  • Bagikan
7 Member BTS menunjukkan paspor diplomatik yang diberikan oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae In pada Selasa (14/9/2021)/tugu jatim
7 Member BTS menunjukkan paspor diplomatik yang diberikan oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae In pada Selasa (14/9/2021). (Foto: Twitter @bts_bighit)

KOREA SELATAN, Tugujatim.id – Idol Group asal Korea Selatan BTS kembali mengukir prestasi. Sebelumnya ARMY, sebutan fans BTS, dibuat girang karena RM, J-Hope, Jin, Jimin, Suga, dan Jungkook berkolaborasi dengan coldplay melalui lagu My Universe. Kini, BTS mendapatkan prestasi sebagai pemegang paspor diplomatik Korea Selatan.

Dilansir dari allkpop Selasa (14/9/2021), ketujuh member group tersebut bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae In menghadiri upacara pemberian sertifikat di Blue House, Seoul.

Juli (2021) lalu, Presiden Moon mengumumkan keputusannya menunjuk BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture.

Apa sih istimewanya paspor diplomatik ini? Paspor diplomatik Korea Selatan memungkinkan pemegangnya, termasuk BTS, bepergian ke 199 negara atau wilayah tanpa visa. Paspor tersebut menempati peringkat ke-3 dunia. Visa hanya diperlukan pemegang paspor diplomatik Korea Selatan hanya apabila pergi ke negara seperti Ghana, Sudan, Libya, Yaman, Afghanistan, Bhutan, Kuba, dan Nigeria.

CNBC melaporkan, paspor diplomatik dikeluarkan hanya untuk individu tertentu yang ingin bepergian ke luar negeri dalam urusan resmi pemerintah. Biasanya, paspor ini dikeluarkan untuk diplomat dan pekerja konsul yang ditempatkan di luar negeri serta individu yang dipekerjakan pemerintah yurisdiksi tertentu.

Keuntungan bagi pemegang paspor diplomatik sebenarnya bervariasi dari satu negara ke negara lain. Namun secara umum, ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati. Misalnya, pemegang paspor dapat menggunakan jalur diplomatik bandara dan tidak akan dikenakan penundaan waktu dan pemeriksaan pelanggan.

Selain mendapatkan paspor diplomatik, masing-masing member BTS juga mendapatkan sertifikat dan pulpen Blue House.

  • Bagikan