7 Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

7 Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

  • Bagikan
Ilustrasi.
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Ketika memelihara hewan ada hal-hal yang secara khusus harus diperhatikan. Hewan yang kita pelihara juga memerlukan perawatan yang baik agar bisa tumbuh, sehat dan tidak terjangkit penyakit. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan di antaranya makan, kandang, perlakuan kita terhadapnya, juga kondisi kesehatan.

Nah, berikut penjelasan lengkap 7 tips merawat hewan peliharaan yang baik dan benar.

1. Pembuatan dan penempatan kandang

Idealnya kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari kebisingan. Memang setiap hewan memiliki tingkat sensitif terhadap kebisingan yang berbeda. Semisal kelinci, mereka adalah binatang yang sangat mudah stres ketika berada di tengah-tengah kebisingan.

Ketika membuat kandang permudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau tempat khusus untuk membuang kotoran.

Bahan untuk membuat kandang harus diperhatikan supaya tidak berbahaya untuk hewan yang akan kita pelihara nantinya. usahakan menggunakan bahan bahan alami untuk mereka, semisal kayu. Penempatan kandang harus mempertimbangkan habitat hewan peliharaan kita. Untuk hewan yang tidak suka terkena sinar matahari langsung, tempatkan kandang ditempat teduh, begitu pula sebaliknya.

2. Perhatikan kondisi hewan

Ketika memilih hewan di toko hewan pastikan hewan yang tersebut dalam kondisi sehat.Umur hewan juga harus diperhatikan saat membeli. Kalau tidak mau repot beli yang tidak dalam kondisi menyusu, setengah dewasa. Umumnya hewan seperti itu sudah memiliki daya tahan tubuh yang kuat. dibandingkan dengan yang masih kecil. Tentunya merawatnya lebih mudah.

Jika sudah menjadi peliharaan, pastikan selalu kondisi hewan dalam keadaan sehat dan tidak terlihat janggal. Kamu bisa membawanya 3 bulan sekali ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya. Berikan juga vaksinasi untuk hewan yang kamu pelihara, untuk mencegah penyakit umum.

3. Membersihkan kandang hewan

Salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk kesehatan binatang peliharaan adalah kondisi kebersihan kandang. Luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala, minimal 2 minggu sekali. untuk hewan khusus seperti burung, ikan kalian perlu 1 minggu sekali membersihkan kandangnya.

Membersihkan kandang sendiri tergantung dengan hewan yang kita pelihara. Jadi sesuaikan dan pastikan setiap hari untuk mengecek keadaan kandang. Jika dirasa kotor dan bau segera bersihkan saat itu juga. Lihat juga jika nampak terdapat kerusakan parah pada kandang segera perbaiki.

4. Makan dan minum hewan

Kewajiban kita untuk memberi makan hewan peliharaan adalah sebagai bentuk tanggung jawab kita. Pemberian makan tidak perlu berlebih, secukupnya saja. Untuk menghindari makanan sisa yang terbuang, terlalu banyak memberi makan juga membuat hewan muntah yang menyebabkan lingkungan kandang terlihat kumuh.

Pemberian makan haruslah teratur jangan terlalu sering dan pula sebaliknya, perhatikan kandungan gizi dari makanan yang diberikan, hewan layaknya manusia mereka juga membutuhkan makanan sehat. Tentunya kita juga harus mengetahui makanan yang sesuai untuk hewan kita. karena berbeda hewan berbeda pula makanannya.

5. Berikan kasih sayang untuk hewan

Hal yang harus diperhatikan adalah hewan juga membutuhkan kasih sayang. mereka akan tampak lebih bahagia jika diperlakukan dengan kasih sayang. Yang paling sering kita saksikan adalah ketika membelai kucing, dia tampak sangat menyukainya, juga ketika memberinya makan dia akan mengibaskan ekornya sebagai tanda terima kasih.

6. Perawatan khusus

Perawatan pada hewan peliharaan juga perlu dilakukan terutama bagian bulu dan kuku. Semisal kucing, mereka harus dipotong bulunya dalam 4 bulan sekali untuk membantu pertumbuhan bulu barunya. Jika memelihara kelinci maka kuku kelinci juga harus diperhatikan.

Periksalah anggota tubuh binatang peliharaan, dari mata, telinga, mulut, hidung dan juga lubang pembuangan. Pastikan selalu dalam kondisi bersih dan tidak terlihat kusam. Jika kotor bersihkan, jika ada tanda-tanda penyakit bawa ke dokter untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

Mandikan hewan peliharaan, jika bulu terlihat mulai kusam. Juga agar binatang peliharaan kamu selalu terjaga kebersihannya. Gunakan sabun mandi khusus untuk hewan demi menjaga keindahan bulunya. Jika kamu memelihara burung berikan multivitamin khusus secara teratur supaya kicauannya tetap indah. Pemberian multivitamin pada binatang juga untuk menjaga agar tidak mudah jatuh sakit.

7. Ajak bermain

Mengajak hewan jalan-jalan atau sekedar bermain untuk meningkatkan keakraban hewan dan pemilik. Juga melatih hewan untuk mengenal lingkungan. Untuk kucing agar dia bisa pulang ke rumah sendiri jika pergi jauh. Mengajak bermain hewan juga bisa mengurangi stress yang ada pada diri kita. Mengajaknya bermain juga menumbuhkan rasa kasih sayang kita.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan