8 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh tetap Prima

8 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh tetap Prima

  • Bagikan
Ilustrasi untuk tips menjaga kesehatan tubuh/tugu jatim
Ilustrasi untuk tips menjaga kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay)

TuguJatim.id – Anda mungkin sering merasa kondisi tubuhnya kurang fit. Ketika bangun tidur pagi hari merasa pilek, nyeri tenggorokan, badan sakit semua, pegal-pegal, dst. Orang Indonesia menyebutnya Anda sedang masuk angin. Secara medis, hal ini terjadi karena kekebalan tubuh menurun.

Menjaga kondisi tubuh tetap fit sangat diperlukan, terlebih saat ini masih dalam masa pandemi. Cuma sebagian dari Anda belum mengerti bagaimana cara yang tepat mengaja kekebalan tubuh. Dilansir dari YouTube dr.Sung setidaknya ada 8 tips yang bisa dilakukan agar kekebalan tubuh tetap prima. Berikut ulasannya.

1. Hindari Terpapar Udara Dingin AC

Kurangi frekuensi terpapar udara dingin. Dalam hal ini yang dimaksud adalah ruangan ber-AC. Terlebih jika Anda bekerja di kantor, maka sebaiknya perhatikan posisi AC dengan tempat kerja. Terpapar AC terlalu lama, badan Anda akan merasa tidak enak. Tubuh manusia normalnya ada pada suhu 36- 37 derajat Celcius. Jadi, jika terpapar terus udara dingin Anda akan jatuh sakit.

2. Kurangi Stres

Merasa stres memang tidak selalu buruk. Namun jika stres dalam jangka waktu yang terlalu lama, akan membentuk hormon kortisol. Akhirnya sistem imun tubuh Anda akan menurun. Mungkin jika Anda pernah melihat teman atau orang tua Anda sakit namun tidak segera sembuh, hal itu bisa juga disebabkan karena terlalu stres sehingga badan tidak rileks.

3. Rutin Olahraga

Olahraga itu selain meningkatkan sistem imun Anda, juga meningkatkan kinerja sel darah putih serta natural killer cell. Olahraga juga dapat menurunkan level stres anda. Lakukan olahraga minimal 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Lalu, pilih olahraga yang sesuai dengan berat badan dan usia Anda.

4. Kurangi Alkohol

Minum alkohol memang dapat membuat badan merasa hangat, meskipun sebenarnya temperatur tubuh Anda tidak naik. Bahkan jika Anda minum alkohol dalam keadaan sakit, maka kebiasaan tersebut dapat menyebabkan sistem imun drop dan akan bertambah sakit.

5. Bersihkan Handphone dan Tangan

Bagi yang setiap hari memegang gadget/handphone, harus ingat bahwa benda tersebut dapat menjadi sarang kuman. Handphone seringkali diletakkan pada sembarang tempat seperti di meja atau di lantai. Dengan kebiasaan mencuci tangan setelah memegang handphone, dapat menjadi langkah awal melindungi diri.

6. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Air mineral sangat membantu memperbaiki metabolisme dan dapat memperbaiki sistem imun Anda. Aturan minum air putih yang tepat menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari.

7. Atur Waktu Tidur Secukupnya

Jika Anda termasuk orang yang hanya tidur 2-3 jam dalam sehari, maka akan terjadi penuaan dini. Manusia idealnya membutuhkan waktu tidur sekitar 6 sampai 8 jam tidur. Tidur dapat membantu recovery tubuh, regenerasi sel, memperbaiki imun, dan menghindari gangguan hormonal karena sering begadang. Jadi bagi Anda yang suka bermain game atau bermain media sosial di malam hari, sebaiknya dapat menyegerakan waktu tidur.

8. Kurangi Penggunaan Antibiotik

Di Indonesia, konsumen paling sering belanja antibiotik di apotek tanpa resep dokter. Sebenarnya, hal ini adalah keliru. Dikarenakan pada umumnya penyebab coomon cold atau yang Anda sebut masuk angin, dengan gejala batuk, pilek, meriang, badan tidak enak, sebagian besar penyebabnya adalah virus.

Antibiotik dapat digunakan jika Anda sudah masuk infeksi bakteri. Maka yang paling tepat adalah dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi terhadap antibiotik. Akhirnya kuman tersebut kebal. Sehingga grade antibiotik yang harus Anda minum adalah grade yang lebih tinggi dengan menimbulkan efek lain.

  • Bagikan