Achmad Teguh Wibowo, Satu-satunya Atlet Gantolle Bojonegoro di Porprov Jatim 2022

Achmad Teguh Wibowo, Satu-satunya Atlet Gantolle Bojonegoro di Porprov Jatim 2022

  • Bagikan
Achmad Teguh Wibowo, atlet Gantolle asal Desa Banjarejo Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro saat berpacu menerbangkan gantolle nya.
Achmad Teguh Wibowo, atlet Gantolle asal Desa Banjarejo Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro saat berpacu menerbangkan gantolle nya. (Foto: Dokumen/KONI Bojonegoro)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VII Jawa Timur tahun 2022 ini Bojonegoro menyertakan satu atlet di cabang olahraga Gantolle melalui nama Achmad Teguh Wibowo.

Atlet Gantolle asal Desa Banjarejo Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro ini memang namanya cukup terkenal di cabang olahraga Gantolle Jawa Timur.

Sampai saat ini dia sudah mengikuti berbagai perlombaan, mulai dari PON di Riau tahun 2012, dan berhasil mempersembahkan Perak bagi Jawa Timur. Kemudian PON Jawa Barat tahun 2016, dia berhasil meraih medali perunggu. Dia juga ikut dalam kejuaraan PON Papua.

Pria kelahiran tahun 1989 ini mengenal Gantolle saat kuliah di Universitas Negeri Surabaya. Sekitar tahun 2010 lalu, dia mulai tertarik dengan olahraga yang tergabung dalam Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) tersebut.

Menurutnya, olahraga Gantolle penuh tantangan dan resiko. Sebab, setelah ditarik dengan motor, atlet Gantolle yang terbang dengan ketinggian ratusan meter hanya bergantunga pada Gantolle yang ada.

Achmad Teguh Wibowo saat memegang alat Gantolle. (Foto: Dokumen/KONI Bojonegoro)

“Tanpa motor melayang diudara dan hanya mengandalkan Gantolle serta angin,’’ katanya.

Perjalanannya bersama Gantolle tidak selalu mulus, dia pernah gagal mendarat dan mengalami turbulensi udara. Bahkan saat itu Gantollenya menabrak alat peraga Pilkada dan tersangkut kabel telepon yang menyebakan patah tulang lengan kiri.

“Saat ikut kejuaraan di Ambarawa Semarang tahun 2015 lalu,’’ jelasnya.

Saat ini, pria yang menyandang gelar sarjana olahraga itu juga diikutkan dalam kejuaraan Porprov Jatim ke VII tahun 2022.

Meski hanya perlombaan eksebisi, namun dia bangga karena Gantolle mulai diperlombakan. Setidaknya lanjut dia di Porprov selanjutnya cabang olahraga Gantolle sudah bisa dilombakan secara resmi.

“Di Jawa Timur hanya ada lima belas kabupaten yang punya atlet Gantolle dan Bojonegoro salah satunya dan satu satunya saya,’’ katanya.

Pada Porprov Jatim 2022, Gantolle dipertandingkan mulai 21 sampai dengan 25 Juni 2022 di landasan udara Notohadinegoro Jember.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan