Agar Buah Hati Terhindar dari Gangguan Jin dan Setan, Bacalah Doa Ini…

  • Bagikan
Ilustrasi berdoa. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi berdoa. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Apakah para orang tua pernah mengalami kejadian buah hati Anda tiba-tiba menangis tanpa sebab? Baik itu siang hari, menjelang Magrib, maupun malam hari. Bisa jadi, penyebabnya mereka merasa haus, lapar, atau sakit. Namun, ada juga yang beranggapan lain, yaitu faktor diganggu setan atau jin.

Ya, untuk menghindarinya ada banyak doa yang bisa dilantunkan agar anak tidak diganggu setan maupun jin. Sebab, setan tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Mereka akan terus mengganggu dan menggoda iman umat manusia hingga akhir hayatnya. Hal itu bukan tanpa alasan karena sumpah mereka kepada Allah SWT.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

قَالَ فَٱخۡرُجۡ مِنۡهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٞ ٧٧ وَإِنَّ عَلَيۡكَ لَعۡنَتِيٓ إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلدِّينِ ٧٨ قَالَ رَبِّ فَأَنظِرۡنِيٓ إِلَىٰ يَوۡمِ يُبۡعَثُونَ ٧٩ قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ ٱلۡمُنظَرِينَ ٨٠ إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡوَقۡتِ ٱلۡمَعۡلُومِ ٨١ قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغۡوِيَنَّهُمۡ أَجۡمَعِينَ ٨٢ إِلَّا عِبَادَكَ مِنۡهُمُ ٱلۡمُخۡلَصِينَ ٨٣

Artinya: “Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk, Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan.” Iblis berkata: “Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan.” Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari Kiamat).” Iblis menjawab: “Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka”.

Agar terhindar dari gangguan setan dan jin, ada sejumlah doa yang dapat mengusir mereka.
Menurut riwayat Bukhari yang bersumber dari Ibnu Abas ra bahwa Rasulullah SAW pernah memohon perlindungan untuk Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husain dengan sebuah doa dalam riwayat Imam Bukhari.

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun, dan dari pengaruh ‘ain yang buruk.” (HR. Bukhari)

Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah menjelaskan bahwa seluruh anak manusia pasti diganggu oleh setan saat dilahirkan. Karena itu, setiap bayi yang dilahirkan akan mengeluarkan tangisan yang keras. Hal tersebut terjadi karena sang bayi disentuh oleh setan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anak manusia pasti diganggu setan ketika dia dilahirkan sehingga teriak menangis, karena disentuh setan. Kecuali Maryam dan putranya.” (HR. Bukhari)

Doa ini dianjurkan dibaca agar Allah melindungi anak-anak dari gangguan makhluk halus, sengatan serangga, atau binatang kecil, dan mata dengki orang-orang dewasa. (Mochamad Abdurrochim/ln)

  • Bagikan