Agar Guru Jadi Produsen Ilmu, Gerakan Edukasi Gelar Workshop Karya Ilmiah Gratis

Agar Guru Jadi Produsen Ilmu, Gerakan Edukasi Gelar Workshop Karya Ilmiah Gratis

  • Bagikan
Beberapa pemateri yang akan mengisi acara workshop Guru Ramah Karya Ilmiah/tugu jatim
Beberapa pemateri yang akan mengisi acara workshop Guru Ramah Karya Ilmiah. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Guru selama ini lebih ditekankan sebagai pengajar yang menyampaikan temuan-temuan ilmu pengetahuan pada peserta didiknya. Dalam hal ini, guru lebih sebagai konsumen ilmu pengetahuan yang ditemukan oleh para ahli. Padahal, dengan intensitas mengajar guru bisa jadi menjadi produsen ilmu pengetahuan.

Itulah target utama workshop “Guru Ramah Karya Ilmiah” yang akan diselenggarakan oleh Gerakan Edukasi pada tanggal 14 hingga 18 Agustus mendatang. Spesialnya, acara ini diselenggarakan secara gratis untuk para guru.

“Selama ini karya-karya guru masih minim sekali, harapannya setelah kegiatan ini akan ada banyak karya yang dihasilkan oleh guru. Agar guru menjadi produsen ilmu pengetahuan, bukan hanya sekedar menjadi konsumen,” Ungkap Annas Ribab Sibilana, ketua panitia sekaligus perwakilan divisi program dari Gerakan Edukasi, saat dihubungi pada Jumat (6/8/2021).

Menurut Annas, kegiatan seperti ini terbilang cukup rutin, kali ini merupakan acara yang ketiga. Dan, setiap acara diselenggarakan terbuka untuk umum dan bebas biaya.

Selain itu, imbuh Annas, dalam acara tersebut guru tidak hanya belajar menulis karya ilmiah dalam jurnal saja, tetapi bisa jenis lainnya, misalnya cara menulis buku. Karena itu pembicara yang dihadirkan cukup beragam, dan semua ahli dibidangnya. Boleh dibilang pembicaranya keren-keren dan kece-kece.

Beberapa narasumber yang akan mengisi acara ini di antaranya Prof. Dr. Sa`dun Akbar, M.Pd, guru besar Universitas Negeri Malang. Beliau akan memaparkan tentang bagaimana meningkatkan profesionalisme guru melalui penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang inovatif.

Lalu, Angga Teguh Prasetyo, M.Pd sebagai dosen UIN Maliki Malang akan menjelaskan best practice guru dalam pembelajaran daring, Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd akan menyampaikan cara mengonversi PTK ke dalam artikel.

Tak hanya itu, workshop ini juga akan dihadiri  Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom selaku dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Beliau akan mempresentasikan tips memilih jurnal ilmiah bereputasi.

Mtutholibin, M.Pd  selaku direktur penerbit Karya Litera Indonesia dan Pegiat Literasi Nasional dengan topik bahasan menulis buku bagi guru. Dan, Amrullah Ali Moebin, M.I.Kom sebagai Penulis dan Editor yang produktif, akan memberikan strategi mengonsep naskah buku untuk penerbit.

Adapun, beberapa fasilitas yang akan diberikan bagi peserta antara lain E-Sertifikat 32 jam pelajaran, rekaman materi, file materi, submit artikel pada jurnal nasional ber-ISSN, perbitan buku antologi atau bunga rampai.

Terakhir, siapapun boleh ikut workshop ini, mulai para guru dari segala kalangan seperti guru TK hingga dosen. Mahasiswa dan juga praktisi pendidikan yang lain pun diperbolehkan hadir dalam acara ini. Cara mendaftarnya sangat mudah cukup klik link berikut ini http://bit.ly/Workshop-Gerasi dan ikuti petunjukknya.

  • Bagikan