Alun-alun Kota Batu Resmi Dibuka, Pengunjung Wajib Gunakan PeduliLindungi - Tugujatim.id

Alun-alun Kota Batu Resmi Dibuka, Pengunjung Wajib Gunakan PeduliLindungi

  • Bagikan
Suasana Alun-alun Kota Batu yang mulai dibuka untuk pengunjung. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Suasana Alun-alun Kota Batu yang mulai dibuka untuk pengunjung. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Salah satu tempat wisata ikonis di kota di ketinggian 950 mdpl di Jawa Timur, Alun-alun Kota Batu akhirnya resmi dibuka untuk pengunjung Jumat (22/10/2021) ini. Bagi wisatawan yang ingin mendatangi tempat ini, mereka harus sudah vaksin dan memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Berdasar pantauan di lapangan, sejak dibuka pukul 13.00 WIB, tempat tersebut langsung diserbu pengunjung. pengunjung mulai dari usia dewasa, remaja dan anak-anak sudah mulai bisa menikmati aneka macam permainan disana seperti bianglala dan komidi putar. Pengamen berkostum juga sudah mulai wara-wiri menghibur pengunjung.

Sebelum masuk, pengunjung wajib memindai QR Barcode di aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk sebagai bukti mereka telah divaksin. Jika tidak punya, pengunjung masih bisa menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin.

Wajah berseri tampak dari raut pasangan suami istri asal Kepanjen, Kabulaten Malang. Angga Wahyu (29) dan Ratna (29). Mereka tampak asyik duduk-duduk sembari mengawasi anaknya yang berlari-lari.

Alun-alun Kota Batu yang telah dibuka untuk pengunjung, wisatawan diwajibkan untuk scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Alun-alun Kota Batu yang telah dibuka untuk pengunjung, wisatawan diwajibkan untuk scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Sejak tahu kabar Alun-Alun ini dibuka seminggu lalu, dia sudah antusias untuk berkunjung. Dia merasa rindu karena sudah lama tidak pernah mengajak anak semata wayangnya jalan-jalan ke Kota Batu.

”Senin kemarin sebenarnya sudah kesini, tau kabar dari media, eh tapi kok masih tutup. Tadi siang pas lewat sudah buka, langsung deh saya ajak istri masuk. Untung aja kita sudah vaksin,” kata dia pada reporter.

Dengan protokol seperti itu, dia yakin keluarganya aman dari paparan Covid-19. Artinya, semua orang yang masuk kesini bisa dipastikan sehat. ”Jalan-jalan keturutan, keamanan juga terjamin. Senang sekali karena sudah berapa bulan ini gak jalan-jalan, momong anak,” tuturnya.

Terpisah, Ivan Afandi, Koordinator Taman Alun-alun Kota Batu mengungkapkan, dibukanya alun-alun ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Paling penting adalah pengunjung sudah divaksin. Selain itu, pihaknya tetap membatasi jumlah pengunjung masuk.

”Kami batasi 25 persen, hanya 500 orang dari total kapasitas mencapai 1.000-an orang. Itu pun hanya bagi pengunjung yang sudah vaksin. Termasuk petugas itu juga wajib scan PeduliLindungi sehari-hari,” tegas dia.

Dia berharap pengunjung sadar dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi klaster penularan seperti dikhawatirkan. Alun-alun Kota Batu sendiri sudah tutup selama 4 bulan terakhir.

”Semoga pandemi segera usai dan alun-alun bisa dinikmati lagi oleh pengunjung, baik warga Kota Batu dan juga wisatawan,” tandasnya.

Seperti diketahui, dibukanya fasilitas umum dan tempat wisata seiring dengan penurunan status PPKM Level 2 per 19 Oktober 2021. Selain itu, anak usia di bawah 12 tahun sudah dibolehkan masuk ke tempat umum.

 

 

  • Bagikan