Anda Orang Yang Gagal? Ini 4 Cara Berdamai Dengan Kegagalan

Anda Orang Yang Gagal? Ini 4 Cara Berdamai Dengan Kegagalan

  • Bagikan
Ilustrasi ekspresi orang yang sedang mengalami kegagalan/ tugu jatim
Ilustrasi ekspresi orang yang sedang mengalami kegagalan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia tidak bisa lepas dari suatu kegagalan. Gagal terasa sangat menyakitkan sekaligus mengecewakan. Tak jarang mereka yang mengalami kegagalan sering kali stres dan frustrasi.

Namun, sebetulnya permasalahan yang sebenarnya bukanlah kegagalan itu sendiri, tetapi bagaimana cara menyikapi kegagalan yang kita alami. Terkadang kita cenderung menyikapinya dengan hal-hal yang negatif karena ekspektasi keberhasilan yang sangat tinggi.

Kita terlalu mendambakan kesempurnaan, ketika kegagalan itu datang, kita merasa hancur dan sulit untuk meyakinkan diri untuk bangkit dan memulai lagi dari awal. Hal itu dapat menjadikan fisik dan mental kita terganggu.

Nah, berikut ini emapt tips untuk menghindari dampak kegagalan, dilansir dari IMAGE.

1. Jangan Menyiksa Diri Sendiri

Ketika mengalami kegagalan, kita tidak boleh menunjukkan respon negatif pada diri sendiri, meskipun kenyataannya merasa sedih, malu, dan bahkan marah. Perasaan itu harus kita terima dan rasakan.

Kita tidak boleh mengutuk diri sendiri atas kegagalan tersebut dengan mengatakah hal-hal buruk pada diri sendiri. Perasaan yang kita alami atas kegagalan sebaiknya diterima dan nilai dengan jujur agar nantinya kegagalan tersebut menjadi suatu pelajaran,

2. Ingat, Kegagalan Itu Adalah Normal

Media sosial selalu menunjukkan pada kita segala kesempurnaan dalam hidup. Namun, kita tidak benar-benar tahu apa yang terjadi di balik kesempurnaan yang tampak. Sesuatu yang ada di media sosial diunggah dengan pemilihan yang sangat teliti. Maka dari itu, berhentilah menjadi perfeksionis. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

3. Hindari Hal Tidak Sehat Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Jika kita mengalami kegagalan dan melampiaskan emosi kita pada hal-hal yang mengganggu kesehatan seperti mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan. Maka, kegagalan itu tidak hanya memberikan luka secara psikis, tapi juga secara fisik. Alkohol dan obat-obatan hanya akan memberikan pengalihan yang sementara atas emosi kita. Dan, hal itu cenderung mengakibatkan rasa sakit fisik yang lebih serius di kemudian hari.

4. Kurangi Kecemasan

Cara sederhana untuk mengurangi kecemasan adalah dengan latihan pernapasan dengan teknik 4-7-8. Teknik ini akan memberikan kita cara untuk merelaksasi tubuh yang sedang mengalami kecemasan. Lakukan pengambilan napas dalam 4 detik, tahan selama 7 detik, dan hembuskan perlahan dalam 8 detik.

Selain itu, lakukan kegiatan olahraga favorit untuk mengalihkan kecemasan yang seringkali mengganggu. Bisa juga hal-hal santai yang menyenangkan seperti mengobrol dengan teman dan menikmati kopi bersama

Namun, jika kecemasan masih sering mengganggu, lakukan teknik 54321 dengan cara mencari lima hal yang dapat dilihat, empat hal yang dapat didengar, tiga hal yang dapat dirasakan, dua hal yang dapat dicium, dan satu hal yang dapat dicicipi. Setidaknya hal ini dapat mengurangi sedikit kecemasan yang dirasakan dan mengembalikan fokus dalam menjalankan aktivitas.

Sesuatu yang lebih penting dari cara-cara yang sudah tertulis di atas adalah selalu meyakinkan diri sendiri bahwa ketika kita gagal, kita hanya belum berhasil dan bukan berarti tidak sukses. Kita masih bisa meraih kesuksesan dengan belajar dari kegagalan yang pernah dialami.

  • Bagikan