Anda Susah Fokus Belajar, Coba 6 Tips Berikut Ini

Anda Susah Fokus Belajar, Coba 6 Tips Berikut Ini

  • Bagikan
Ilustrasi suasan tempat belajar yang berisi jadwal belajar/tugu jatim
Ilustrasi suasan tempat belajar yang berisi jadwal belajar. (Foto: SS Instagram @onhwastyle)

Tugujatim.id – Saat sedang belajar, seringkali godaan tiba-tiba datang menghampiri dan membuyarkan fokus kita. Biasanya, kita cenderung lebih mudah bosan belajar dalam waktu yang lama. Fokus lalu teralihkan pada kegiatan lain yang lebih menghibur dan menyenangkan.

Persoalan gagal fokus ini, banyak sekali dialami para pelajar, terutama di masa pandemi ini. Ditambah penerapan PPKM yang membuat Anda harus belajar dari rumah. Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengatasi persoalan ini? Yuk simak tips berikut ini supaya Anda dapat meningkatkan fokus belajar.

1. Tentukan Waktu dan Jadwal Yang Tepat

Menentukan waktu dan jadwal dengan tepat dapat membantu Anda meningkatkan fokus dalam belajar. Dengan jadwal cara belajar Anda menjadi terorganisir. Luangkan waktu Anda untuk belajar fokus, misalnya di malam Senin.

Pada malam itu Anda menentukan belajar kewarganegaraan selama satu jam, lalu malam Selasa Matematika juga selama satu jam, dan seterusnya. Namun memang cara ini membutuhkan kedisiplinan dan kemauan yang kuat untuk membuat Anda tetap giat dan fokus dalam belajar.

2. Mencari Posisi Strategis Untuk Belajar

Tempat yang ramai cenderung membuat Anda kesulitan untuk fokus karena banyak suara. Perhatian teralihkan sehingga konsentrasi belajar juga buyar. Nah, mencari tempat yang strategis dan nyaman dapat membuat kegiatan belajar Anda menyenangkan dan jadi semakin betah belajar. Misalnya, cari taman yang suasananya sejuk jika Anda memilih belajar di outdoor, atau atur kamar sedemikian rupa jika menyukai belajar di dalam ruangan.

3. Persiapan Itu Penting

Persiapan dalam belajar adalah salah satu faktor penting untuk mendukung kegiatan belajar. Siapkan cemilan dan minuman yang Anda sukai. Lalu, tata media belajar yang akan digunakan, serta musik jika suka belajar sambil mendengarkan musik. Posisikan semuanya senyaman mungkin, karena posisi yang nyaman fokus belajar Anda jadi awet dan terasa menenangkan.

4. Jauhkan Hal Yang Mengganggu

Poin ini sangat penting untuk dilakukan saat belajar. Oleh karena itu, teguhkan hati untuk mematikan gadget dan jauhkan dari area belajar supaya pikiran Anda tidak mudah buyar begitu melihat alat-alat tersebut di depan Anda.

5. Mulai Dengan Yang Disukai

Anda bisa mengawali belajar dengan hal yang disukai. Pelajaran yang disukai bisa menjadi titik fokus untuk berkonsentrasi lebih lama. Ketika mulai terbiasa dalam belajar, Anda dapat meningkatkan fokus untuk mempelajari pelajaran yang lebih sulit lagi.

6. Konsistensi Itu Penting

Kunci dari suksesnya fokus dalam belajar adalah niat dan konsistensi. Pastikan niat Anda tepat dan harus mendisiplinkan diri untuk tetap konsisten belajar. Namun jika baru memulai, Anda bisa mencoba dengan mencicil waktu dan mata pelajaran yang ingin dipelajari dengan harapan dapat terbiasa menerapkan jadwal Anda.

Selamat mencoba!

  • Bagikan