Antisipasi Banjir Susulan, Warga Pasuruan Tinggikan Tanggul Sungai dengan Karung Pasir - Tugujatim.id

Antisipasi Banjir Susulan, Warga Pasuruan Tinggikan Tanggul Sungai dengan Karung Pasir

  • Bagikan
Banjir susulan. (Foto: Lurah Blandongan)
Upaya warga melakukan normalisasi di aliran Sungai Petung, Blandongan, Kota Pasuruan. (Foto: Lurah Blandongan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Hujan deras yang terus mengguyur sempat mengakibat pemukiman warga di 4 kecamatan di Kota Pasuruan terendam banjir pada Selasa (30/11/2021). Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, warga bergotong royong meninggikan tanggul Sungai Petung di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Berbekal alat seadanya, warga mengumpulkan sak karung berisi pasir dan menaruhnya di tanggul sungai untuk menghalau luapan air.

Menurut Lurah Blandongan H. Saipudin Zuhri, upaya antisipasi banjir susulan juga sudah mulai dilakukan warganya jauh sebelum datangnya musim hujan.

“Agustus lalu, Kelurahan Blandongan pernah kerja sama dengan PU PSDA Provinsi Jatim melakukan normalisasi Sungai Petung,” ujar Saipudin saat dikonfirmasi Rabu (01/12/2021).

Menurut dia, selain meninggikan tanggul, warga Blandongan juga sudah berupaya mengangkat sedimentasi dan sampah di sepanjang aliran sungai agar tidak terjadi bencana banjir susulan.

“Warga sudah kerja bakti mengambil sampah di sepanjang aliran Sungai Petung sampai ke arah Dam Bukwedi,” imbuhnya.

Selain itu, petugas juga disiagakan untuk membuka tutup pintu air Dam Bukwedi Blandongan apabila terjadi luapan air akibat hujan.

“Sudah ada petugas juga yang buka tutup balok Dam Bukwedi untuk melancarkan air,” ujarnya.

  • Bagikan