Antisipasi Covid-19 Varian Baru, Pemkab Malang Siap Ikuti Skema Penanganan dari Jokowi

  • Bagikan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat dikonfirmasi pada Rabu sore (16/06/2021). (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat dikonfirmasi pada Rabu sore (16/06/2021). (Foto: Rap/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan 3 pesan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terkait penanganan pandemi Covid-19. Tiga pesan tersebut adalah antisipasi varian Covid-19 yang baru, refocusing anggaran, dan vaksinasi.

“Di Jawa sudah masuk varian baru, baik itu di Bangkalan, Kudus, DKI Jakarta, maupun Bandung. Presiden Jokowi memang sudah mengingatkan terkait pandemi ini bahwa varian baru sudah masuk,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat dikonfirmasi pada Rabu sore (16/06/2021).

Wahyu mengatakan, lonjakan pasien positif Covid-19 dengan varian baru ini sangat cepat. Karena itu, Pemkab Malang diminta melakukan langkah antisipasi.

“Selain kami menggalakkan 3T (testing, tracing, treatment), kemudian memperketat posko, kemudian terkait penanganan dari satgas juga harus diawasi,” ungkapnya.

Kemudian, mantan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya ini mengatakan hal lain yang disampaikan oleh presiden adalah terkait penganggaran.

“Terkait penganggaran yang sudah dibuat melalui Kementerian Keuangan dan Kemendagri agar refocusing ini segera dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19. Karena di beberapa daerah meski sudah dilakukan refocusing, tapi belum optimal pemanfaatan biayanya untuk penanganan Covid-19,” bebernya.

Terakhir, terkait vaksinasi, Jokowi menyampaikan bahwa per 1 Juli 2021 ini pemerintah pusat menargetkan dalam sehari ada 1 juta warga yang sudah divaksin.

“Untuk vaksinasi kami akan memberikan tambahan lagi, dari Pak Presiden per 1 Juli 2021 itu sudah ada 1 juta yang disalurkan per hari,” tegasnya.

Pemkab Malang akan membuat skema dengan dinas kesehatan, dan secara proaktif berkoordinasi untuk bisa memenuhi target yang diminta Pak Presiden.

  • Bagikan