Asuransi Mobil Syariah, Alternatif Produk Asuransi Halal

Asuransi Mobil Syariah, Alternatif Produk Asuransi Halal

  • Bagikan
Ilustrasi.
Ilustrasi. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Kepemilikan asuransi mobil merupakan salah satu bentuk usaha atau ikhtiar untuk melindungi mobil sebagai sebuah aset harta. Kepemilikan asuransi mobil syariah bisa menjadi alternatif untuk melakukan ikhtiar tersebut.

Anda yang berminat untuk memiliki polis asuransi mobil syariah bisa mencari tahu lebih banyak dengan mengunjungi duitpintar.com yang membahas asuransi tersebut.

Sementara itu, mengenal jenis-jenis asuransi dan contohnya bisa menjadi informasi penting yang memungkinkan untuk mengenali kebutuhan-kebutuhan perlindungan asuransi yang sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.

Mengenal Ragam Produk Asuransi

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang asuransi mobil pada umumnya dan asuransi mobil syariah pada khususnya, ada baiknya bagi Anda untuk mengenal lebih jauh tentang produk-produk asuransi yang umumnya ditawarkan.

Secara umum ada 22 jenis produk asuransi yang dikenal di Indonesia. Produk asuransi tersebut memiliki fungsi yang serupa berupa memberi perlindungan finansial atas risiko-risiko yang mungkin terjadi atau dialami oleh pemegang polis asuransi.

Produk asuransi yang umum dikenal antara lain adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil, akan tetapi masih ada beragam jenis produk asuransi lain yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan perlindungan.

Adapun 22 jenis produk asuransi yang dikenal di Indonesia adalah

  1. Asuransi kesehatan
  2. Asuransi jiwa
  3. Asuransi kecelakaan
  4. Asuransi mobil
  5. Asuransi motor
  6. Asuransi pendidikan
  7. Asuransi dwiguna
  8. Asuransi unit link
  9. Asuransi properti
  10. Asuransi kebakaran
  11. Asuransi perjalanan
  12. Asuransi bisnis
  13. Asuransi kredit
  14. Asuransi disabilitas
  15. Asuransi kelautan
  16. Asuransi dana pensiun
  17. Asuransi syariah
  18. Asuransi sosial
  19. Asuransi proyek atau konstruksi
  20. Asuransi tanggung gugat
  21. Asuransi uang
  22. Asuransi hewan

Jenis-jenis asuransi tersebut memungkinkan nasabah untuk memilih perlindungan yang sesuai dengan risiko yang mungkin terjadi dan juga berdasarkan kebutuhan.

Beberapa produk asuransi memiliki beberapa kategori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan masing-masing individu.

Salah satu contohnya adalah asuransi kesehatan yang terbagi dalam beberapa kategori seperti asuransi kesehatan untuk individu, untuk seluruh keluarga ataupun khusus untuk anak.

Ada beberapa produk asuransi jiwa yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan proteksi berdasar kategori-kategori tadi seperti AXA Mandiri Smartcare Executive, Simas Sehat Gold, Lippo HealthPlus Family atau Cigna Proteksi Sehat.

Hal yang sama juga bisa ditemukan pada produk asuransi jiwa yang terbagi dalam beberapa kategori seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa unit link serta asuransi jiwa dwiguna yang juga dikenal dengan sebutan endowment insurance.

Beberapa produk asuransi jiwa yang populer antara lain Simas Jiwa SIJI Guard 4, Takaful Al-Khairat Individu atau BCA Life Proteksi Jiwa Optima.

Pandangan tentang asuransi dalam perspektif agama seringkali menjadi ganjalan bagi seseorang untuk memiliki polis asuransi. Akan tetapi hal tersebut tidak lagi menjadi halangan khususnya bagi umat Islam karena kini ada cukup banyak pilihan asuransi syariah yang bisa dijadikan pilihan.

Solusi Asuransi Mobil Syariah

Asuransi syariah merupakan sebuah solusi nyaman bagi muslim untuk mendapatkan proteksi dari berbagai risiko. Asuransi ini menjadi semacam jembatan yang menghubungkan kebutuhan perlindungan yang bisa diperoleh dari skema asuransi agar tetap halal dari sudut pandang agama Islam.

Salah satu produk asuransi syariah yang bisa dijadikan solusi mendapatkan perlindungan adalah asuransi mobil syariah. Ada cukup banyak pilihan alternatif asuransi mobil berbasis syariah yang bisa dijadikan pilihan.

Alternatif pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah asuransi mobil syariah Takaful. Serupa dengan asuransi mobil konvensional, Takaful menyediakan pilihan asuransi All Risk dan Total Loss Only bagi nasabahnya.

Produk asuransi ini menawarkan manfaat tambahan berupa gratis mobil derek dan ambulans serta perlindungan atas risiko kerusakan akibat terorisme, sabotase, kerusuhan hingga bencana alam.

Pilihan lain asuransi mobil syariah adalah Otomate Syariah yang merupakan produk asuransi dari ACA. Asuransi dari Asuransi Central Asia Syariah ini memberi pertanggungan hingga di atas Rp100 juta dan bisa diperoleh dalam bentuk produk asuransi mobil All Risk ataupun Total Loss Only.

Produk asuransi ini memiliki rider atau manfaat tambahan berupa mobil derek, ambulans, mobil pengganti hingga pertanggungan pihak ketiga serta santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.

Itulah beberapa contoh produk asuransi mobil yang bisa dijadikan alternatif pilihan ketika nasabah membutuhkan format syariah untuk produk asuransi yang digunakan. (Adv)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan