ACTA dan HAMI Tuntut Holywings Indonesia Rp100 Miliar, Uangnya Bakal Disumbangkan ke Baznas untuk Umat - Tugujatim.id

ACTA dan HAMI Tuntut Holywings Indonesia Rp100 Miliar, Uangnya Bakal Disumbangkan ke Baznas untuk Umat

  • Bagikan
Holywings. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Pintu masuk Holywings Gold yang disegel Satpol PP Surabaya. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Berbagai kelompok ormas maupun masyarakat merasa resah atas kasus promosi yang berbau SARA yang dilakukan Holywings Indonesia, termasuk di Surabaya, dengan menyebutkan warga yang memiliki nama Muhammad dan Maria akan diberi gratis minuman beralkohol. Kini keresahan itu muncul dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) dan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI). Mereka melakukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Tangerang atas terlapor Manajemen PT Aneka Bintang Gading selaku pengelola Holywings Indonesia.

Kuasa Hukum penggugat bernama Hendarsam Marantoko menyampaikan hal itu. Dia mengatakan melakukan gugatan perdata atas PT Aneka Bintang Gading.

“Jadi dari hal ini ada dua pelaporan, yang melaporkan ini, legal standing-nya. Mereka beragama Islam dan bernama Muhammad, dan termasuk orang yang tersakiti juga,” ucapnya pada Kamis (30/06/2022).

Dia menilai, promosi yang menggunakan simbol agama serta diunggah ke media sosial menandakan PT Aneka Bintang Gading bertanggung jawab atas perbuatan tersebut.

Herdarsam menjelaskan, pihaknya menggugat manajemen Holywings dengan dugaan melanggar Pasal 1365 KUHPer dan Pasal 1367 KUHPer.

Dalam hal ini yang digugat, yakni Direktur Utama PT Aneka Bintang Gading Eka Setia Wijaya dan PT Aneka Bintang Gading.

“Kami menggugat keduanya dengan perdata sebesar Rp100 miliar. Jika ini dikabulkan, rencananya kami akan sumbangkan uangnya ke Baznas untuk kepentingan umat karena di sini yang disakiti umatnya,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, promosi berbau SARA di media sosial (medsos) yang membawa-bawa nama “Muhammad” dan “Maria”, ternyata membuat Holywings Surabaya tersandung kasus. Bahkan, Ketua GP Ansor Surabaya Afif menuntut dilakukan penutupan sementara. Hal ini disampaikan saat mediasi di Polrestabes Surabaya, Sabtu malam (25/06/2022).

Untuk diketahui, Holywings merupakan brand bisnis yang terdiri dari beragam sektor usaha makanan dan minuman. Holywings ini miliki bisnis bar, club, dan restoran. Awalnya kasus ini mencuat karena ada postingan akun Instagram ofisial Holywings yang membawa-bawa nama “Muhammad” dan “Maria” untuk sebuah promosi.

“Dicari yang punya nama Muhammad & Maria. Kita kasih Cordon’s Dry Gin atau Cordon’s Pink,” itulah bunyi promosi tersebut yang diunggah Instagram @holywingsindonesia & @holywingsbar pada Rabu (22/06/2022).

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan