Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi, Dinas Pertanian Pasuruan Distribusikan Stok ke Toko-Toko - Tugujatim.id

Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi, Dinas Pertanian Pasuruan Distribusikan Stok ke Toko-Toko

  • Bagikan
Kelangkaan pupuk subsidi. (Foto: Kominfo Kabupaten Pasuruan/Tugu Jatim)
Ilustrasi petani di Kabupaten Pasuruan sudah bisa membeli pupuk bersubsidi. (Foto: Kominfo Kabupaten Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Demi mengatasi kelangkaan pupuk subsidi di kalangan petani, Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mulai mendistribusikan ke sejumlah toko yang menjual pupuk.

Kabid Sarpas Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Hari Mulyono mengatakan, secara bertahap pihaknya akan mendistribusikan dua jenis pupuk bersubsidi. Yaitu 33.579 ton pupuk Urea ditambah 3.202 pupuk POC pada 2022. Meski begitu, sejumlah pupuk bersubsidi itu masih akan dibagi dengan petani di wilayah Kota Pasuruan.

“Saat ini wilayah Pasuruan, baik kabupaten dan kota nanti akan dapat subsidi pupuk Urea 33.579 ton dari pusat. Sementara pupuk POC dapat jatah 3.202 liter,” ujar Hari saat dikonfirmasi Rabu (26/01/2022).

Hari menjelaskan, sebenarnya SK Bupati terkait penyaluran pupuk bersubsidi untuk petani belum keluar karena masih ada kesalahan data. Namun, karena banyak petani yang mengeluh soal kelangkaan pupuk subsidi, dinas pertanian menyiasati dengan membuat SK kebijakan kepada toko-toko bisa melayani pembelian pupuk bersubsidi.

“Dinas pertanian telah mengeluarkan SK yang ditujukan kepada para pedagang toko pupuk. SK ini dibuat supaya petani persoalan kelangkaan pupuk subsidi,” imbuhnya.

Dia mengimbau para petani yang sudah masuk daftar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) pada 2022 agar segera membeli pupuk di toko-toko setempat.

“Bagi petani yang sudah daftar RDKK, silakan beli pupuk subsidi. Kalau belum daftar, bisa segera mengurus ke kantor dinas pertanian,” ujarnya.

  • Bagikan